Di Negara Ini, Supermarket Dilarang Buang Makanan Tak Terjual

"Prancis diperkirakan membuang 7,1 juta ton makanan setiap tahunnya."
ilustrasi (Reuters)

KLIKPOSITIF - Positifers, tahukah anda bahwa pemerintah Perancis melarang supermarket untuk membuang atau merusak makanan yang tidak terjual? Pihak supermarket diminta untuk menyumbangkan makanan yang untuk amal atau bank makanan.

Senat Perancis telah sepakat untuk melarang supermarket membuang makanan yang tidak terjual pada awal tahun ini. Kebijakan ini membuat prancis sebagai negara pertama di dunia yang menerapkan larangan tersebut. Pihak supermarket harus menandatangani kontrak sumbangan dengan badan amal. Hukuman untuk pemimpin yang tidak melakukannya adalah denda hingga 3750 Euro.

Aturan ini berlaku untuk supermarket dengan luas 400 meter persegi atau lebih.

"Yang paling penting, karena supermarket diwajibkan untuk menandatangani kesepakatan sumbangan dengan badan amal, kita akan dapat meningkatkan kualitas dan keragaman makanan yang kita dapatkan dan distribusikan," kata Jacques Bailet dari Banques Alimentaires, jaringan bank Food, kepada Guardian.

Dalam hal keseimbangan gizi, saat ini pihaknya mengalami defisit daging dan kurangnya buah dan sayuran. Kebijakan baru ini diharapkan dapat memungkinkan mereka untuk mendistribusikan makanan yang lebih berkualitas untuk mereka yang membutuhkan.

Prancis diperkirakan membuang 7,1 juta ton makanan setiap tahunnya, meski hanya 11 persen berasal dari toko-toko (67 persen adalah konsumen, dan 15 persen restoran), sehingga masih ada celah makanan terbuang percuma. Meskipun demikian, itu merupakan langkah penting menuju masyarakat yang lebih berkelanjutan.

Kira-kira pemerintah kita pernah memikirkan untuk menerapkan kebijakan seperti ini juga ga ya, Positifers?