Sirandah Breakthrough, Gubernur Sumbar: Terobosan Membangkitkan Pariwisata

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah didampingi Ayu Wulandari dari Evential Planners saat penanaman pohon pelindung di Sirandah, Jumat, 31 Desember 2021
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah didampingi Ayu Wulandari dari Evential Planners saat penanaman pohon pelindung di Sirandah, Jumat, 31 Desember 2021 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Event Organizer Evential Planners bersama Yayasan Garis Fundation menggelar event dan atraksi wisata laut di Pulau Sirandah. Kegiatan yang mengusung konsep pariwisata edukasi tersebut diapresiasi oleh gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Setelah jumatan di Masjid Pulau Pisang, rombongan gubernur langsung bertolak ke Sirandah. Sebelum memasuki pulau petugas vaksin sudah menyambut rombongan, Jumat, 31 Desember 2021.

baca juga: Mahyeldi Dukung Taksonomi Hijau Indonesia yang Diluncurkan Jokowi

Founder Yayasan Garis Fundation Rahadian Zuhdi Fahrurozi mengatakan, penyelenggara sengaja mengangkat tema Sirandah Breakthrough yang berarti terobosan. Terobosan untuk bangkit setelah dua tahun pariwisata mati suri.

Dilanjutkannya, penyelenggaraan event dengan menerapkan protokol Covid-19. Bahkan pengunjung yang masuk pulau wajib vaksin

baca juga: Gubernur Berharap Pemda Lahirkan Kebijakan Penanganan dan Pengelolaan Sampah

"Kami juga menyediakan posko vaksin untuk pengunjung yang belum vaksin," ungkap Rahadian di dampingi Ayu Wulandari dari Evential Planners.

Kepada gubernur dan pengunjung dia membeberkan, dalam kegiatan itu juga akan dilakukan penanaman pohon pelindung dan bersih pantai dan sejumlah atraksi olahraga air.

baca juga: Audy Optimis, 2022 Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Capai 5 Persen

"Dapat kami laporkan hingga siang ini sudah tercapai 400 lebih pengunjung yang datang ke Sirandah, semuanya telah divasin. Selain menggeliatkan pariwisata , ini juga bentuk dukungan kami dalam mensukseskan vaksinasi," tuturnya.

Mendengar hal itu, gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara yang sudah membatu pemerintah menghidupkan pariwisata .

baca juga: China Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap COVID-19 Saat Musim Perjalanan Tahun Baru Imlek Dimulai

"Pertama gulai ikan di Sirandah enak, pengunjung datang saja ke Sirandah, selain dapat keindahan juga ada gulai kepala ikan yang sangat nikmat. Kemudian kami dari provinsi sangat berterima kasih kepada penyelenggara yang notabene anak muda bersemangat dalam hal positif. Ini terobosan membangkitkan pariwisata ," ujarnya.

Dia menjelaskan, salah satu unggulan Sumbar memang pariwisata . Untuk itu harus ada kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong pariwisata terus maju. Dua tahun pandemi baginya persiapan untuk menata pariwisata agar lebih baik.

"Wisata pulau ini memang sangat diminati, apalagi pengelola menerapkan konsep wisata keluarga. Namun keamanan dan kenyamanan harus dijaga, kalau bisa zero insiden, caranya semua perlengkapan kapal harus ada seperti pelampung dan perlengkapan lainnya," tukasnya.

Pada kesempatan itu, gubernur Sumbar melakukan penanaman pohon di pinggir pantai Pulau Sirandah dan mengunjungi posko vaksinasi di dermaga pulau .

Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, Yayasan Garis Foundation, Komunitas Minangkabau Diver, Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) Sumbar, UKM Diving Proklamator UBH, UNP Diving Club, dan Sumbar Kreatif Forum. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir