Pertama Kali Naik Pesawat, Tak Perlu Grogi Ini Tipsnya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Menempuh perjalanan dengan pesawat terbang sudah bukan hal yang mewah lagi sekarang. Semua orang bisa melakukannya sejak harga tiket pesawat semakin terjangkau dan membelinya pun mudah. Jika dulu membeli tiket pesawat kerap kali ribet dengan pajak, asuransi dan harus membeli di agen, sekarang bisa beli tiket pesawat secara online membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan.

Bandara baru pun dibuka oleh pemerintah lokal untuk mendukung kemajuan pembangunan wilayah mereka, termasuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Maskapai pun berlomba memberikan promo dan pelayanan terbaik untuk para penumpang.

baca juga:

Namun bukan berarti semua orang sudah pernah merasakan terbang dengan pesawat. Ada beberapa yang masih belum merasakan naik pesawat karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena rasa takut untuk naik pesawat.

Jika Anda adalah salah satu orang yang takut naik pesawat, namun harus menempuh perjalanan dengan pesawat terbang. Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi rasa takut ketika naik pesawat terbang untuk pertama kalinya.

baca juga:

Pertama, selalu ada hal pertama bagi semua orang. Dan pertama kali naik pesawat adalah salah satunya dari sekian banyak pengalaman hidup yang pernah dijalani manusia. Wajar jika ada rasa takut, terlebih jika kerap membaca ada kecelakaan dalam penerbangan.

Namun pengalaman pertama tentu tidak terlupakan, dan jika tidak mencoba, kita tidak akan tahu hasilnya seperti apa. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah, jika rasa takut itu berasal dari melihat kecelakaan yang terjadi di dunia penerbangan, coba cek data berikut . Jumlah kecelakaan pesawat terbang jumlahnya paling kecil di antara moda transportasi yang lain. Naik kendaraan di darat justru kemungkinan mengalami kecelakaannya lebih besar daripada moda transportasi udara.

baca juga:

Transportasi udara justru jauh lebih aman dibandingkan dengan transportasi lainnya. Jadi tak perlu takut untuk naik pesawat terbang karena keamanannya lebih terjaga.
Setelah meyakinkan diri untuk naik pesawat terbang dan berani melakukannya, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah tiket, check in dan boarding. Untuk yang pertama kali naik pesawat, pastikan untuk memperhatikan jam terbang dengan benar. Datanglah sekitar satu jam sebelum pesawat berangkat untuk melakukan check in dan boarding.

Beberapa maskapai memberlakukan boarding 30 menit sebelum berangkat, namun ada pula yang 45 menit. Agar tidak terlambat, lebih baik datang satu jam sebelum jadwal terbang daripada ketinggalan pesawat terbang.

baca juga:

Tips berikutnya adalah ketika sudah berada di dalam pesawat terbang. Perhatikan instruksi dari pramugari pesawat di awal penerbangan dengan seksama. Terutama soal keselamatan jika terjadi hal darurat. Yang perlu diperhatikan lagi adalah turbulensi adalah hal wajar yang terjadi dalam penerbangan. Ketika pesawat masuk ke dalam gumpalan awan, biasanya badan pesawat akan terasa bergoyang dan itu bisa terasa sangat kencang sekali. Namun Anda tidak perlu panik, karena hal tersebut adalah kejadian normal dalam setiap penerbangan.

Jika rasa takut tidak bisa lagi ditahan, mintalah pertolongan kepada pramugari. Kalau perlu, hiruplah oksigen dari tabung yang sudah tersedia di atas kursi agar jantung dan napas jadi lebih tenang.

Terbang dengan pesawat bukanlah hal yang sangat menakutkan, dan mempermudah perjalanan serta menyingkat waktu. Naik pesawat juga menghemat energi dibandingkan dengan perjalanan darat yang membutuhkan waktu lebih panjang. dengan tips-tips di atas, semoga perjalanan pertama dengan pesawat jadi lebih menyenangkan. 

Penulis: Ramadhani