Kunjungi PT Mitra Kerinci, Pecinta Teh Mampir ke Air Terjun Tansi Ampek

Komunitas Pecinta Teh di Air Terjun Ampek Tansi
Komunitas Pecinta Teh di Air Terjun Ampek Tansi (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

SOLOK SELATAN, KLIKPOSITIF -- Komunitas Pecinta Teh mengunjungi pabrik pengolahan teh PT Mitra Kerinci di Liki, Solok Selatan. Selama kunjungan, sebanyak 13 anggota komunitas mengelilingi area kebun teh yang berada dekat Gunung Kerinci tersebut.

Dalam kunjungan, 13 anggota komunitas ikut serta memetik teh bersama pekerja kebun. Peserta diajak untuk memilih pucuk daun teh yang berkualitas terbaik.

baca juga: Gusmal Daftarkan Diri ke Poros Baru, Representasi Solok Raya?

Setelah memetik daun teh, anggota komunitas kemudian juga mampir di sebuah lokasi wisata yang ada di area kebun seluas 2.025 hektare itu, yakni Air Terjun Tansi Ampek.

Perjalanan menuju lokasi air terjun cukup menantang, peserta diajak mengelilingi kebun dengan trek jalan bebukitan yang menanjak tinggi. Selama perjalanan menuju lokasi wisata, anggota komunitas disuguhkan pemandangan kebun teh yang luas dari puncak bukit.

baca juga: Ketidakhadiran Plt Bupati pada Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Ranperda Tuai Instruksi, Ternyata Ini Sebabnya

Hamparan hijau daun teh menghiasi perjalanan dan membuat 13 anggota komunitas terkesima. Namun kenikmatan perjalanan tersebut tidak hanya sampai disana.

Setelah 30 menit mengitari area kebun, anggota komunitas kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki, menempuh trek menurun yang curam selama lebih kurang 10 menit.

baca juga: Plt. Bupati Solsel Abdul Rahman Serahkan Sertifikat untuk Rakyat Disaksikan Menteri ATR/BPN

"Cukup menyenangkan memang, setelah jalan kaki menuruni bukit, dan kemudian disambut oleh pemandangan air terjun. Lelah jadi tidak terasa lagi," kata salah seorang anggota Komunitas Pecinta Teh Indonesia, Kris.

Keberadaan air terjun itu menurutnya melengkapi keasrian perkebunan dengan wisata alam yang bisa dinikmati masyarakat luas. "Air terjunnya indah, jadi selain bisa menikmati susana kebun, kami juga bisa menikmati keindahan alam di Liki ini," ujarnya.

baca juga: Pada 2021, Gerbang Masuk ke Solok Selatan dari Kerinci Dibangun

Air Terjun Tansi Ampek ini sebut Kris, adalah salah satu air terjun terbaik yang berada di komplek area perkebunan teh di Indonesia.

"Perkebunan teh lain di Indonesia juga ada yang punya air terjun, seperti di Jawa Barat. Tapi yang di Liki ini menurut saya yang paling indah dan masih asri," ucap dia kemudian.

Usai mampir di lokasi wisata Tansi Ampek, 13 anggota komunitas Pecinta Teh lalu mengunjungi pabrik dan menyaksikan langsung proses pengolahan teh oleh perusahaan milik negara tersebut.(*)

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa