Perhatikan 8 Tips Ini Agar Liburan Anda Menyenangkan

Ilustrasi.
Ilustrasi. (Net)

KLIKPOSITIF  - Liburan sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Selain untuk meredakan stress dan bersenang-senang, liburan juga sering dijadikan sebagai momen untuk mempelajari budaya dan kekayaan yang dimiliki daerah lain.

Jika selama ini liburan identik dengan buang-buang uang, maka beberapa tips sederhana berikut akan membuat liburan lebih praktis disamping dapat menghemat waktu dan uang.

baca juga: Tips Mencegah dan Mengatasi Sakit Perut Saat Traveling

1. Scan dan email

Scan dokumen perjalanan seperti passport dan asuransi perjalanan. Kemudian kirimkan hasil scan tersebut ke email Anda. Apabila terjadi sesuatu dengan dokumen perjalanan tersebut, maka akan mudah untuk mengurusnya ke kedutaan ataupun agen perjalanan.

baca juga: Tren Perjalanan yang Menawarkan Kemudahan

2. Packing dengan cermat

Tempatkan perlengkapan yang sering dibutuhkan di bagian atas tas. Simpanlah dokumen perjalanan di tempat yang aman dan mudah diakses sehingga mudah untuk mengambilnya pada saat dibutuhkan serta letakkan terpisah dengan perlengkapan lain.

baca juga: Anda Berencana Pergi Berlibur? Waspada Modus Penipuan Ini

3. Wash and Go

Bawalah beberapa set detergent dengan ukuran travel-size, Anda bisa mencuci barang yang kotor bahkan baju yang kotor selama perjalan. Sehingga Anda tetap berpenampilan bersih dan rapi selama perjalanan.

baca juga: Hindari Makanan Ini Sebelum Penerbangan

4. Manfaatkan Jasa Sewa

Tinggalkanlah barang-barang yang sekiranya bisa disewa.

5. Lindungi barang-barang penting

Bawalah tas transparan dan tahan air untuk menyimpan dokumen perjalanan. Tas yang anti air juga berguna untuk melindungi barang-barang seperti kamera dan Handphone.

6. Mengirim tas yang besar

Beberapa traveler menyarankan untuk mengirimkan lewat jasa esxpress tas-tas yang besar. Sehingga Anda tidak perlu repot membawa tas berat selama perjalanan.

7. Kartu Kredit atau Uang Tunai

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit bisa memanfaatkannya untuk transaksi tanpa perlu khawatir membawa uang dalam jumlah besar.

8. Teliti tujuan perjalanan Anda

Sebelum berangkat, telitilah daerah yang menjadi tempat tujuan Anda. Carilah rekomendasi penginapan, tempat makan dan transportasi.

Dengan beberapa tips singkat di atas, liburan akan lebih praktis dan menyenangkan.

Penulis: Elvia Mawarni