5 Kota di Jawa Yang Punya Hutan Seru Yang Bisa Kamu Datangi Dengan Kereta Api

Ilustrasi
Ilustrasi (anekatempatwisata.com)

KLIKPOSITIF -- Bosan liburan ke pantai tapi malas naik gunung yang butuh energi ekstra? Kenapa tidak liburan ke hutan saja? Selain memiliki pemandangan yang indah, jalan-jalan di hutan juga tidak menguras tenaga dan bisa membuat pikiran jadi refresh kembali karena udaranya sejuk dan menenangkan.

Belum punya ide bakal ke mana long weekend nanti? Beberapa hutan cantik di Jawa berikut ini bisa jadi ide liburan kamu.

baca juga: Patroli saat Libur Panjang, Polisi Pariaman akan Menyasar Lokasi Objek Wisata

Taman Hutan Rakyat Ir H. Djuanda, Bandung

Terletak di dekat pusat Kota Bandung, Taman Hutan Ir. H Djuanda ini adalah salah satu hutan kota yang paling luas di Indonesia. Total luasnya mencapai 590 hektar, yang tersebar dari kawasan Dago Pakar sampai ke Maribaya.

baca juga: Gelar Grand Launching, Santika Hotel Bukittinggi Beberkan Berbagai Keunggulan yang Dimilikinya

Meski terletak dekat dengan kota, namun bagian dalam dari kawasan yang dikenal dengan nama Tahura ini memiliki banyak pepohonan langka dan gua peninggalan penjajah Jepang dan Belanda. Selain itu di dalamnya juga terdapat beberapa tempat menarik seperti jembatan merah, air terjun, prasasti Raja Thailand dan bangunan-bangunan klasik yang cantik.

Mudah saja untuk menuju Tahura Ir. H. Djuanda. Beli tiket kereta api ke Bandung, lalu dari stasiun Bandung, naik kendaraan umum ke kawasan Dago Pakar, dan hutan dengan pohon tinggi menjulang sudah di depan mata.

baca juga: Hotel Santika Bukittinggi, Siap Berikan Pengalaman Terbaik Nikmati Wisata Anda

Taman Hutan Baluran, Situbondo – Banyuwangi

Hutan konservasi ini memiliki wilayah yang sangat luas, mulai dari Banyuwangi sampai kawasan Situbondo. Uniknya, di dalam kawasan hutan ini terdapat beberapa pemandangan yang berbeda. Mulai dari savanna padang rumput luas membentang membuatnya nampak seperti di Afrika , yang berbatasan langsung dengan hutan hujan tropis yang pepohonannya tinggi menjulang dan berwarna hijau.

baca juga: Viral Keramaian di Objek Wisata Mega Mendung, Dinas Parpora Tanah Datar Tinjau Penerapan Protokol COVID-19

Selain itu Taman Hutan Baluran juga berbatasan langsung dengan beberapa pantai cantik. Begitu keluar dari rimba pepohonan, pantai dengan pasir bersih dan air laut jernih menjadi pemandangan utama. Asyiknya, kamu bisa snorkeling di pantai kawasan Hutan Baluran ini.

Jalur paling nyaman untuk liburan ke sini adalah dengan menumpang kereta api menuju Banyuwangi. Kamu bisa beli tiket kereta api Surabaya – Banyuwangi atau Malang Banyuwangi. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Baluran, yang bisa kamu tempuh dengan jeep yang banyak disewakan di sana.

Tahura Bunder Jogjakarta

Lokasi ini terletak di kawasan Gunungkidul, tepatnya Jl Wonosari – Jogja. Biasanya, para wisatawan mampir ke hutan ini ketika dalam perjalanan menuju pantai selatan di Jogja karena memang searah.

Tidak hanya berupa rimbunnya pepohonan menjulang, Tahura Bunder juga dilengkapi dengan penangkaran rusa, unit persemaian dan taman bermain yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Selain itu di lokasi ini juga terdapat pabrik minyak kayu putih yang bisa kamu kunjungi.

Untuk menuju Tahura Bunder, begitu turun di stasiun kereta api Yogyakarta, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menumpang kendaraan sewaan ke sana. Bisa dengan motor atau mobil, keduanya bisa menuju Tahura Bunder dengan mudah.

Hutan Mangrove Surabaya

Surabaya tidak cuma punya mall dan tempat makan yang lezat, tapi juga memiliki hutan mangrove yang terletak di kawasan Wonorejo. Hutan ini dijaga untuk mencegah terjadinya abrasi, namun ditata cantik lengkap dengan jembatan dari papan kayu yang bisa dikelilingi untuk mendapatkan spot foto menarik. Ketika senja tiba, pemandangan di sekitar hutan mangrove ini berubah jadi sangat romantis. Cocok buat jalan-jalan bareng pasangan atau keluarga.

Hutan Pinus Malang

Lokasi yang satu ini tergolong tempat wisata baru di Malang. Tepatnya berada di Kecamatan Wajak, kaki Gunung Semeru. Seperti namanya, kayu yang ada di hutan ini adalah pepohonan pinus yang cantik dan romantis.

Di dalamnya ada kursi-kursi nyaman dari kayu, dan juga hammock-hammock yang bisa kamu pakai buat bersantai. Ada banyak spot foto menarik yang disediakan oleh Perhutani buat yang suka foto di sini.
Untuk menuju hutan pinus yang cantik ini, kamu bisa naik kereta api ke Malang. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan agen wisata setempat. Karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota, disarankan untuk memakai jasa tur wisata lokal daripada kamu tersesat di jalan.

Nah, hutan mana yang paling bikin kamu naksir? Pesan tiket kereta apinya sekarang di Traveloka, biar kamu tidak kehabisan waktu long weekend nanti. Happy holiday ya…

Penulis: Pundi F Akbar