Aktivitas Industri Ancam Hampir Separuh Situs Warisan Dunia

Great Barrier Reef, Australia
Great Barrier Reef, Australia (tourist-destinations.com)

KLIKPOSITIF - Aktivitas industri seperti pertambangan dan penebangan liar mengancam hampir setengah situs Warisan Dunia, diantaranya Great Barrier Reef di Australia dan benteng Inca Machu Picchu di Peru.

Perusahaan didesak untuk mematuhi seruan PBB agar semua area di situs Warisan Dunia tidak diizinkan untuk eksplorasi minyak dan gas, pertambangan, produksi kayu yang tidak berkelanjuan serta penangkapan ikan yang berlebihan.

baca juga: Tips Mencegah dan Mengatasi Sakit Perut Saat Traveling

Sebanyak 114 situs Warisan Dunia dari 229 di seluruh dunia yang berharga bagi alam atau campuran alam dan budaya berada di bawah ancaman, ulas WWF dan Dalberg Global Development Advisors, sebuah konsultan berbasis di AS.

"Ini mengejutkan. Kami sedang berusaha mengangkat isu ini," Dirjen WWF International Marco Lambertini. "Kami tidak menentang pembangunan, kami menentang pembangunan yang direncanakan dengan buruk."

baca juga: Tren Perjalanan yang Menawarkan Kemudahan

Berdasarkan lembaga budaya UNESCO dari Komite Warisan Dunia PBB, temuan WWF jauh lebih banyak dari 18 situs alam yang terdaftar "dalam bahaya", dengan kondisi yang lebih parah.

WWF mengungkapkan Great Barrier Reef, misalnya, berada di bawah ancaman dari pertambangan dan perkapalan, sementara tahun lalu, Komite Warisan Dunia menghentikan daftar "dalam bahaya". Dan WWF mengatakan Machu Picchu di Andes, juga tidak ada dalam daftar U.N., padahal berada di bawah ancaman penebangan liar.

baca juga: Anda Berencana Pergi Berlibur? Waspada Modus Penipuan Ini

Situs lain yang berada di bawah ancaman adalah Everglades di Amerika Serikat, Kepulauan Galapagos di Ekuador atau gunung berapi Kamchatka di Rusia. (ant)

"Dari semua itu, hanya Everglades yang dinilai "dalam bahaya" oleh Komite Warisan Dunia," ujar WWF.

baca juga: Hindari Makanan Ini Sebelum Penerbangan

Penulis: Elvia Mawarni