Wisata Alam Bukit Siriah Sungai Geringgiang, Salah Satu yang Patut Dikunjungi di Padang Pariaman

Muda mudi tengah menikmati Mountain View di Bukit Siriah usai melewati Janjang Saribu.
Muda mudi tengah menikmati Mountain View di Bukit Siriah usai melewati Janjang Saribu. (KLIKPOSITIF/ Rahesa)

PADANG PARIAMAN KLIKOOSITIF -- Sungai Geringgiang, selain dikenal dengan komoditas unggulanya juga menyimpan pesona alam yang membuat manja mata pelancong. Seperti Mountain View di Kawasan Bukit Siriah, Air Terjun, serta hamparan Pohon Pinus.

Wisata Alam yang diresmikan pada awal tahun 2016 itu menjadi pilihan menarik bagi wisatawan. Hamparan hijau terbentang luas dari ketinggian. Kawasan wisata Bukit Siriah itu, menyuguhkan beberapa spot seperti Mountain View, Jenjang Seribu Bukit Siriah, Rumah Pohon atau Pondok Selfi dan Maninjau Hicking Spot.

baca juga: Bawaslu Pessel Sebut Kepala Kampung Masuk Pihak yang Dilarang Dukung Paslon

Banyak warga sekitar dan luar daerah tersebut menghabiskan waktu berpuasa di lokasi Bukit Siriah. Salah satu warga yang KLIKPOSITIF temui di lokasi mengatakan, dirinya takjub dengan pemandangan di Puncak Bukit Siriah.

"Meskipun harus melewati seribu anak tangga untuk sampai ke puncak saya merasa senang. Disini udaranya sejuk, tenang dan pemandangan hijau yang terhampar luas sangat menyejukan mata," kata Dini Silvia saat didampingi teman-temannya ketika menikmati pemandangan di Bukit Siriah.

baca juga: Satpol PP Padang Kembali Tindak Tempat Hiburan Malam

Kawasan Wisata Alam Bukit Siriah tersebut mempunyai 3 spot atau pemberhentian yang masing-masing menyuguhkan pemandangan berbeda. Spot pertama pada anak tangga 400, ada Mountain View. Pemberhentian kedua pelancong dimanjakan dengan Air Terjun dan pada puncak Janjang Saribu Bukit Sirah terhampar pemandangan Pohon Pinus.

Menariknya lagi, tempat wisata tersebut tidak mewajibkan biaya mahal untuk pelancong. Hanya membayar seiklasnya saja dan beberapa ribu uang parkir. Salah satu warga yang sehari-hari berdagang di lokasi, Heni 38 tahun mengatakan, tempat wisata itu banyak diminati orang, selain wisatawan domestik, wisatawan Mancanegara sering juga melancong.

baca juga: Agam Catat Rekor Pasien COVID-19 Sembuh Terbanyak

"Banyak yang datang kesini. Sebelumnya ada juga wisatawan asal luar negeri kesini. Tujuan mereka ke Maninjau Hicking Spot, " kata Heni.

Dia menjelaskan, di Maninjau Hicking Spot pelancong bisa menikmati pemandangan Danau Maninjau nan elok dipandang mata.

baca juga: Plt. Kabag Umum Setda Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Di Maninjau Hicking Spot tampak seluruh kawasan Maninjau, seperti lingkung Bukit Barisan dan hamparan danau, " jelas Heni.

Sebagai pedagang yang kesehariannya di kawasan wisata tersebut, Heni berharap kepada para pelancong untuk menjaga kebersihan kawasan wisata. Pasalnya ada juga wisatawan yang tidak menjaga kebersihan tempat tersebut seperti membuang sampah sembarang tempat.

"Kan telah disediakan tempat sampah, tapi setiap hari selalu saja saya melihat sampah berserakan. Untuk kebersihan kalau tidak kita yang menjaganya terus siapa lagi. Ini juga kan demi kenyamanan kita bersama, " katanya.

Pantauan KLIKOOSITIF, pengunjung yang datang Bukit Sirah didominasi oleh para anak muda. Selain itu juga terlihat wisatawan keluarga yang menghabiskan hari libur akir pekan di Mountain View bersama anak-anak mereka. (RHS)

Penulis: Eko Fajri