Sambut Lebaran 2019, Inilah 10 Destinasi Unggulan dan Kuliner di Payakumbuh

Salah satu destinasi unggulan di Payakumbuh yaitu Kolam Renang Ngalau Indah.
Salah satu destinasi unggulan di Payakumbuh yaitu Kolam Renang Ngalau Indah. (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

KLIKPOSITIF , PAYAKUMBUH - Menyambut lebaran Idul Fitri 1440 H yang tinggal menghitung hari, Kota Payakumbuh siapkan destinasi unggulan dan kuliner yang dapat dinikmati oleh wisatawan dan perantau. Tercatat ada 10 destinasi unggulan dan kuliner yang siap memanjakan pengunjung saat berlebaran dan liburan di Payakumbuh The City Of Randang.

Kasi Promosi Disparpora Payakumbuh Bobby Andika saat ditemui KLIKPOSITIF , 3 Juni 2019 mengatakan Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga telah merilis destinasi dan kuliner yang ada di Payakumbuh . Selain itu, untuk menyambut perantau juga telah disiapkan berbagai rangkaian acara yang akan dipusatkan di Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah.

baca juga: Target Swab Masal Belum Capai Target, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Pengambilan Sampel

"Untuk 10 destinasi unggulan ada Goa Ngalau Indah, Panorama Ampangan, Puncak Marajo, Kolam Renang Ngalau Indah, Taman Jembatan Ratapan Ibu, Pasar Kuliner Malam, Kampung Rendang, Kampung Tenun, Rumah Adat Balai Kaliki, dan Rumah Adat Regent," kata Bobby yang merupakan mantan Lurah Tiakar tersebut.

Ia menjelaskan selain destinasi, wisatawan atau perantau juga dapat menikmati aneka kuliner yang akan memanjakan lidah. Salah satunya adalah Randang Payokumbuah dimana saat ini Payakumbuh dikenal sebagai Kota Rendang atau The City of Randang.

baca juga: Jadi Primadona Wisatawan, Kawasan Normalisasi Batang Agam Akan Dipasangi Lampu Penerangan

"Di sini wisatawan dapat menikmati aneka jenis Rendang mulai dari Rendang Runtiah, Rendang Talua, Rendang Tumbuak, dan berbagai bahan lainnya. Kemudian juga ada Batiah, Galamai, Karabu Baluik, Sate, Kawa Daun, Atun Sarikayo, Bongko, Bareh Randang, dan Pindik," ujar Kasi Promosi Disparpora.

Sementara itu, dalam rangka memeriahkan Lebaran Damai 2019, pada malam takbiran juga akan ada musik religi dengan tema 'Gema Rebana di Malam Seribu Takbir'. Menurutnya akan ada penampilan musik dengan alat musik tradisional seperti rebana, talempong, beduk, dan saluang pada 4 Juni 2019 nanti di Medan Nan Bapaneh Kota Payakumbuh .

baca juga: Data Dinas Pertanian Payakumbuh 3 Tahun Terakhir: Jumlah Sapi Jantan yang Dikurbankan Meningkat

"Kemudian juga ada Festival Payakumbuh Sepanjang Tahun dengan penampilan musik band & penampilan tarian daerah dengan dikelilingi oleh Stand Kuliner Payakumbuh pada 7 Juni 2019. Serta Paket Pagelaran Sabtu Sore yang akan menampilkan tarian daerah diiringi musik tradisional dan dramatisasi pada 8 Juni 2019," katanya.

[Ade Suhendra]

baca juga: DPRD Lima Puluh Kota Desak Pemkab Bangun Pusat Rehabilitasi ODGJ

Penulis: Fitria Marlina