5 Destinasi Wisata Syahdu di Tangerang yang Jarang Diketahui

Kandang Godzilla di Tangerang.
Kandang Godzilla di Tangerang. (suara.com)

KLIKPOSITIF -- Salah satu daerah “Jakarta coret” atau mepet Jakarta yang sering dipandang sebelah mata adalah Tangerang. Tangerang adalah nama sebuah kabupaten yang terletak di barat ibukota Jakarta dan masuk di dalam provinsi Banten. Sebelum terjadinya pemekaran wilayah, kabupaten ini mencakup kawasan Kota Tangerang sebagai ibukota dan juga kota Tangerang Selatan. Nah, di wilayah Tangerang sebenarnya ada banyak lho destinasi wisata yang keren. Kami bakal kasih 5 di antara sekian banyak destinasi asoy di Tangerang, simak terus artikel ini ya! 

1.  Kandang Godzilla

baca juga: Legislator: Biro Perjalanan Terancam Aplikasi Tiket 'Online'

Kandang Godzilla atau juga dikenal dengan nama Tebing Koja merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits di jagat Instagram. Di sini kamu enggak bakalan nemu godzilla beneran karena tempat ini bukan penangkaran godzilla. Untuk bisa ke Tebing Koja, yang ada di daerah Balaraja, kamu bisa coba naik bus Primajasa. Lebih lengkapnya, kamu bisa cek​informasi rute bus primajasa di link ini​. Di sini kamu bisa melihat suatu tebing berbentuk Godzilla dengan hamparan sawah di sekelilingnya. Konon katanya, tempat wisata yang terletak di Cisoka, Balaraja ini dulunya adalah wilayah pertambangan. Untuk menikmati Tebing Koja, baiknya kamu datang sebelum matahari terbit. Saat cuaca cerah, di sana kita bisa menikmati senyuman sang surya mengawali hari. Semburan warna jingga akan mengelilingi daerah sekitar, pastinya momen ini ​instagrammable​ banget.

2.  Telaga Biru Cisoka

baca juga: Kemenparekraf Luncurkan Kampanye Penerapan Protokol Kesehatan 'Indonesia Care'

Masih di daerah Balaraja, ada juga Telaga Biru Cisoka, yang pemandangannya bisa bikin kamu terkesima. Hampir sama dengan tempat wisata sebelumnya, Telaga Biru Cisoka terbentuk akibat adanya aktivitas pertambangan. Di sini, kamu bisa lihat tiga buah telaga atau danau dengan warna yang berbeda. Saat pertama kali tiba, dua telaga yang berdampingan akan menyihir setiap mata yang memandangnya. Dua danau dengan warna kontras ditambah pasir putih terpampang jelas di hadapan kita. Ya, hijau, putih dan biru.

3.  Pulau Cangkir

baca juga: Berawal dari Jalan Kebun Kopi, Puncak BRJ Jadi Destinasi Wisata dan Kuliner di Solsel

Pulau Cangkir wajib kamu kunjungi saat liburan di Kabupaten Tangerang. Tempat ini menggabungkan pengalaman wisata bahari, sejarah, dan juga ziarah. Di pulau kecil seluas 2,5 hektar ini terdapat makam dari Pangeran Jaga Lautan yang diyakini warga sebagai penyebar agama Islam di wilayah tersebut. Pulau Cangkir terletak di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang. Sebelum tahun 1995, Pulau Cangkir terpisah dari daratan utama Pulau Jawa. Namun, dengan usaha swadaya masyarakat sekitar kemudian dibangunlah jalan penghubung darat menuju ke pulau ini untuk memudahkan akses pengunjung yang hendak berziarah.

4.  Tanjung Kait

baca juga: Objek Wisata Jembatan Pelangi di Pariaman Diresmikan, Tiket Cuma Rp2.000

Mantai sambil kulineran di Tangerang bisa kamu lakukan dengan mengunjungi Pantai Tanjung Kait. Pantai yang terletak di Kecamatan Mauk berjarak sekitar 29 kilometer dari pusat kota ini bukan hanya menawarkan pengalaman rekreasi bahari, melainkan juga boga bahari di kampung nelayan yang diisi penuh dengan pondok-pondok makan yang menghadap ke laut. Kalau ke sini, kamu harus ajak orang terkasih, biar syahdu makan hidangan boga bahari sambil liat ​sunset​ kan mantap!

5.  Taman Buaya, Tanjung Pasir

Taman Buaya, Tanjung Pasir, cukup terkenal sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Tangerang. Penangkaran buaya ini berada di Jalan Raya Tanjung Pasir dan cukup mudah untuk diakses. Wisatawan akan diajak untuk melihat langsung kehidupan reptil buas di dalam penangkaran. Taman Buaya Tanjung Pasir punya lingkungan yang teduh jadi kamu enggak perlu khawatir kepanasan saat berkunjung ke sini di siang bolong. Di samping melihat buaya-buaya di penangkaran, kamu yang berkunjung juga bisa berburu beragam hasta karya dari kulit buaya. Atau jika berminat, kamu bisa icip kuliner ekstrem, berupa sate buaya.

Nah, sekarang mudah-mudahan kamu enggak lagi memandang daerah Tangerang sebelah mata. Kalau kamu mau eksplorasi, sebenarnya ada banyak banget kok tujuan wisata yang keren di Tangerang. (*)

Penulis: Ramadhani