Semalam di Solo, Ini Itinerary yang Pas untuk Liburan Kamu

Pasar Gede
Pasar Gede (bonvoyagejogja.com)

KLIKPOSITIF -- Solo, kota berslogan “Spirit of Java” memang punya segudang pesona memikat. Dari wisata sejarah dan budaya Jawa yang begitu kental, sentra batik yang menggetarkan hasrat belanja, kuliner legendaris yang menggugah selera, hingga beragam festival yang memeriahkan kota Solo.

Bagaimana jika kamu hanya punya waktu semalam alias 2 hari 1 malam saja di Solo? Sekarang tinggal bergantung pada tujuan utamamu berlibur ke Solo kali ini, apakah untuk wisata belanja, menelusuri jejak sejarah, atau sekadar kulineran. Kalau kamu ingin melakukan semuanya, coba intip, yuk, itinerary liburan Solo selama 2 hari 1 malam berikut ini.

baca juga:

Hari 1

Pasar Gede

baca juga:

Misalnya, kamu memilih naik kereta malam atau ambil penerbangan pagi dari Jakarta, maka pagi-pagi agenda jelajah Solo sudah bisa dimulai. Tempat terbaik mengawali petualanganmu di Solo adalah dengan blusukan ke Pasar Gede Hardjonagoro. Pasar ini sudah ada sejak tahun 1930 lho.

Ada banyak hal unik yang bisa kamu temui di sekitar kawasan Pasar Gede. Sebagaimana pasar tradisional, kamu bisa membeli sayuran, buah-buahan, daging, atau bahan masakan lainnya di sini.

Namun, untuk wisatawan, kuliner lokal menjadi daya tarik Pasar Gede. Beberapa di antaranya patut kamu coba, seperti lenjongan, brambang asem, cabuk rambak, dawet telasih, dan nasi liwet.

baca juga:

House of Danar Hadi

Penggemar batik pasti mengenal batik Danar Hadi. House of Danar Hadi bisa jadi persinggahan kamu di tengah kunjungan singkat ke kota Solo. Di museum ini terdapat lebih dari 1.000 koleksi kain batik berusia puluhan hingga seratus tahun silam.

baca juga:

Berdiri tahun 1967, kamu bisa mempelajari seluk beluk batik nusantara. Bukan hanya batik Solo, tetapi juga batik Jawa Hokokai, batik Sumatera, batik pesisir, dan batik Keraton.

Di bagian belakang museum, kamu bisa melihat dan mencoba sendiri bagaimana sih cara membatik yang benar. Jangan lupa juga membeli beberapa batik untuk dibawa pulang, ya!

Ngarsopuro Night Market


sumber: inibaru.id

Pasar malam ini hanya buka saat malam minggu alias hari Sabtu. Jika waktu kunjunganmu tepat saat weekend, Ngarsopuro Night Market bisa jadi pilihan menghabiskan malam di Solo.

Di sepanjang ruas Jalan Diponegoro, deretan stan menjual makanan, batik, dan cenderamata khas Solo bisa kamu temui. Suasana malam kian meriah berkat panggung hiburan gratis yang kerap diisi pertunjukan tari, ketoprak, atau musik. Seru juga kan?

Berburu kuliner tengah malam

Tengah malam di Solo dan kamu kelaparan? Jangan langsung lari ke restoran fast food 24 jam! Cari saja kuliner kaki lima khas Solo yang hanya buka lewat tengah malam, seperti Nasi Liwet “Mbok Mami” Mbak Kus atau Gudeg Ceker Mergoyudan Bu Kasno. Pasti tidurmu bakal nyenyak setelah perut terisi!

Hari 2

Toko Roti Orion Mandarijn

Sebelum kembali ke kota asal, berbelanja penganan khas Solo untuk oleh-oleh tidak boleh dilewatkan. Toko Roti Orion Mandarijn, yang berdiri sejak tahun 1932, wajib ada dalam daftar teratas.

Kamu bisa membeli roti mandarijn, mirip lapis surabaya, yang rasanya khas. Jenis kue lainnya beragam, mulai dari bolu kering, aneka kue kering, roti kecik, dan brem solo. Hati-hati kalap saat memilih mana yang ingin dibeli!

Menjelajahi kota Solo dalam semalam memang tidak cukup, tetapi itinerary di atas bisa membantumu menyelami Solo lebih dalam.

Oleh karena itu, pastikan juga kamu sudah booking hotel yang tepat. Meski hanya satu malam, aplikasi Airy bakal membantumu menemukan hotel di Solo yang budget friendly  tanpa meninggalkan kenyamanan bagi tamunya.

Selain jaminan kenyamanan yang akan membuatmu betah beristirahat, lokasi strategis juga jadi keunggulan jaringan properti hotel ini. Jadi, kamu bisa memaksimalkan liburan singkat di Solo. Tertarik mencoba itinerary liburan 2 hari 1 malam di Solo tadi? (*)

Penulis: Pundi F Akbar