Dilewati Pembalap TdS 2019, Jembatan Mandeh Dipasang Pelapis Sebelum Balapan

Jembatan Mandeh
Jembatan Mandeh (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kawasan wisata Mandeh dipastikan dilalaui pembalap Tour de Singkarak 2019. Walaupun beberapa jembatan di kawasan tersebut perlu perbaikan dan penanganan khusus.

Koordinator Tim Teknis Asep Cheppy Sulaiman menyampaikan, jembatan di Mandeh banyak rusak. Namun Balai Jalan (Pusat) memastikan jembatan bisa dilalui pembalap dengan memasang pelapis beberapa jam sebelum balapan dimulai.

baca juga: Wagub Sumbar: Kekurangan dan Kelemahan TdS Diperbaiki Bersama

Dijelaskannya, karena banyak yang rusak dan permukaan jembatan yang tidak rata perlu dipasang pelapis.

"Secara teknis, jalan akan dipasang pelapis beberapa jam sebelum balapan, kemudian ada petugas yang jaga agar tidak banyak dilalui," ujarnya, Minggu, 6 Oktober 2019.

baca juga: Berbarengan dengan Pilkada, TdS 2020 Terancam Batal Diselenggarakan

Sehingga saat pembalap lewat pelapis dalam keadaan baik dan tidak membahayakan pembalap. "Sebab jika dipasang jauh hari berpotensi rusak, ketakutannya saat pembalap lewat dalam keadaan rusak," katanya.

Selain itu, lanjut Cheppy, setiap turunan tajam di Mandeh perlu kasih Water Barrier agar tidak membahayakan bagi pembalap. Karena, pembatas jalan kurang panjang dan kurang banyak.

baca juga: Evaluasi TdS, DPRD Sumbar: Jangan Lagi Ada Aspal Satu Malam

"Sebab sepeda dalam kecepatan tinggi trus berbelok jika tidak ada pembatas jalan sangat berbahaya dan mengerikan. Apalagi jalan Mandeh yang bagus membuat pembalap menambah kecepatan," tukasnya.

Untuk diketahui, Mandeh masuk dalam Etape 9, Start di Pantai Carocok, Painan (Kabupaten Pesisir Selatan) dan finish di Pantai Cimpago, 107,7 KM. (*)

baca juga: Perdana Masuk Rute TdS, Ini Komentar Warga Sutera Pessel

Penulis: Joni Abdul Kasir