Setelah Pacu Jawi, Kini Kawa Daun Jadi Salah Satu Minuman Populer di Nusantara

Piala penghargaan Kawa Daun sebagai salah satu minuman terpopuler di Indonesia.
Piala penghargaan Kawa Daun sebagai salah satu minuman terpopuler di Indonesia. (Ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF -- Setelah kegiatan Pacu Jawi menjadi populer di Indonesia bahkan mancanegara, kini minuman tradisional khas daerah Tanah Datar , Kawa Daun, menjadi salah satu yang terpopuler tepatnya peringkat ke 2 pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 dari kategori minuman tradisional.

Anugerah Pesona Indonesia (API) yang diadakan oleh Kemenpar merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia.

baca juga: Hari Ini, 20 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, Satu Diantaranya Meninggal

"Kita menginginkan prestasi ini mampu mendukung kemajuan pariwisata di Kabupaten Tanah Datar ," ucap Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Selasa 26 November 2019.

Ia menyebutkan, penghargaan yang diraih ini secara tidak langsung menjadi ajang promosi pariwisata Tanah Datar dan akan meningkatkan kunjungan wisatawan domistik dan mancanegara ke Luhak Nan Tuo ini.

baca juga: Hari Ini 32 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19

"Semoga berdampak pada peningkatan pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat Tanah Datar ," tuturnya.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison menyampaikan minuman kawa daun ini sudah ada sejak nenek moyang dulu sebelum zaman penjajahan Belanda.

baca juga: Laka Beruntun di Pemandian Mega Mendung Padang Panjang, Sopir Terjepit

Disebutkan, minuman ini dinikmati saat cuaca dingin di dangau-dangau. Penyajiannya tidak dengan gelas atau mangkuk, melainkan tempurung kelapa yang dibelah dua. Tempurung ini diberi tatakan bambu. Aia kawa bisa dinikmati dengan atau tanpa gula, ditemani berbagai kudapan kecil. (irfan taufik)

Penulis: Eko Fajri