Kawasan Batang Arau - Teluk Bayur Akan Dibangun Rest Area

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana membangun rest area di Jalan Batang Arau - Teluk Bayur . Rencananya ada tiga rest area yang akan dibangun.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pekerjaan pembangunan rest area dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), namun karena dibangun di daerah wisata, tentu ada kaitannya dengan Dinas Pariwisata. Pembangunannya ditargetkan selesai sebelum Lebaran atau pertengahan April 2020.

baca juga: Jadikan Kopi Asli Daerah Menu Utama, Coffee Shop Ini Hadir Bernuansa Klasik di Solsel

"Kami sudah melakukan survei dan itu memang memungkinkan untuk dibangun rest area. Lokasi pertama di Bukit Gado-gado, dan itu memang tanah milik Pemko, luasnya satu hektare, insya Allah itu tidak ada persoalan," katanya di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Rabu 15 Januari 2020.

Kemudian, lanjutnya, lokasi kedua di Simpang Pantai Air Manis ke arah Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal). Untuk kepemilikan tanah, tanahnya milik masyarakat.

baca juga: Wagub Sumbar: Ayo Kita Dukung dan Menangkan Kampung Sarugo

"Tim sudah turun ke situ untuk melakukan pendekatan ke masyarakat dan masyarakat sangat respons sekali. Tapi karena areanya punya kaum, mereka akan rembuk kembali," ujarnya. Sementara untuk lokasi satunya lagi, Pemko akan mencari lagi di mana yang pas didirikan rest area.

Arfian menambahkan, sepanjang informasi yang diperoleh dari Dinas PU-PR, rest area dibangun bukan dana dari APBD, tapi dari CSR salah satu perusahaan terbesar di Sumbar.

baca juga: Kasus Positif COVID-19 Melonjak, Wisata di Pariaman Tetap Buka

"Kalau ini terwujud, memang sangat luar biasa bagi wisatawan. Tentu ini juga akan mengurangi dampak adanya kafe-kafe atau warung-warung liar di sepanjang jalan. Kalau ini sudah selesai warung-warung liar akan kita masukkan ke kawasan rest area, kita relokasi mereka dan silakan beraktivitas di sana," tuturnya.(*)

Editor: Muhammad Haikal