Komunitas Sosial Ukhuwah, Merajut Kebersamaan dengan Berbagi

Komunitas Sosial Ukhuwah Nagari Cupak menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu
Komunitas Sosial Ukhuwah Nagari Cupak menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu (Ist)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Komunitas sosial Ukhuwah Nagari Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok tidak pernah berhenti dalam membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.

Komunitas yang memang baru berdiri sejak beberapa bulan lalu itu, setidaknya telah banyak membantu masyarakat yang tengah didera himpitan ekonomi, yang tengah sakit maupun tertimpa musibah.

baca juga: Perangkat Desa di Parimana Baca Quran Setiap Hari Sebelum Buka Pelayanan

"Kita fokus untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan uluran tangan," ungkap ketua Komunitas Sosial Ukhuwah, Mai Depi didampingi pengurus lainnya, Kamis (23/1/2020).

Terkait soal sumber dana, dijelaskannya, bantuan yang diberikan berasal dari donasi yang dikumpulkan dari masyarakat secara langsung maupun dari para perantau yang mengadu nasib di daerah luar.

baca juga: Wako Solok Minta Pimpinan OPD Aktif Turun Ke Masyarakat

Setidaknya, komunitas yang digerakkan mayoritas generasi muda dan emak-emak tersebut mampu mengetuk kepedulian masyarakat untuk saling berbagi. Sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk meringankan beban orang yang kesusahan.

"Kalau ada masyarakat yang membutuhkan, kita langsung bergerak menggalang donasi. Dana yang terkumpul akan kita salurkan secara langsung," terangnya.

baca juga: Kabar Gembira, Pasien 05 COVID-19 Kota Solok Sembuh

Diceritakannya, berdirinya komunitas sosial Ukhuwah bermula dari adanya masyarakat yang menderita penyakit liver bulan November 2019 lalu. Secara spontan beberapa orang bergerak mengumpulkan bantuan.

Dari kejadian itu, dirinya bersama sejumlah masyarakat berkumpul dan membuat Komunitas yang memang khusus untuk membantu masyarakat yang sedang kesusahan.

baca juga: Kunjungi Rumah Warga Penderita Gangguan Jiwa, Pejabat Lima Puluh Kota Janjikan Hal Ini

"Kita terbuka untuk siapa saja, masyarakat Nagari Cupak yang membutuhkan akan kita bantu. Dana yang terkumpul juga kita laporkan secara terbuka, kita murni untuk membantu sesama," tegasnya.

Semenjak berdiri 11 November 2019, lebih kurang Rp15 juta donasi yang terkumpul sudah disalurkan melalui 16 kegiatan santunan. Baik korban yang terkena musibah, masyarakat yang sakit dan lainnya.

"Kedepan kita ingin komunitas ini terus berkembang sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang akan terbantu," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Eko Fajri