Empat Event Wisata Tanah Datar 2020 Dilaunching, Apa Saja Itu?

Pemukulan gandang tambua pertanda diluncurkannya kalender ivent pariwisata Tanah Datar 2020
Pemukulan gandang tambua pertanda diluncurkannya kalender ivent pariwisata Tanah Datar 2020 (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma melaunching kalender event pariwisata 2020 dan Pasar Van Der Capellen edisi malam Minggu di Batusangkar, Sabtu malam 1 Februari 2020.

" Tanah Datar memiliki banyak destinasi wisata yang layak jual, ini harus menjadi perhatian semua pihak agar seluruh kegiatan pariwisata di nagari-nagari masuk kalender event," ucap Zuldafri.

baca juga: Delapan Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Total Jadi 193

Ia mengharapkan setelah diluncurkan kalender event 2020 ini hendaknya mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Luhak Nan Tuo, baik domistik maupun mancanegara.

Wabup menyebut empat event di nagari yang siap mengisi kalender event pesona pariwisata Tanah Datar adalah Lintau Expo di Lintau IX Koto, Festival Pesona Cubadak di Limo Kaum, Semarak Pesona Marapi di Sungai Tarab dan Galundi Singkarak di Batipuh Selatan.

baca juga: Geger di Batipuh Tanah Datar, Seorang Nenek Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Di samping itu, untuk Pasar Van Der Capellen setiap Minggu pagi akan ditambah untuk edisi malam Minggu sekali sebulan pada minggu pertama dengan tetap menyajikan berbagai kuliner khas Luhak Nan Tuo dan penampilan pasar tempo dulu dengan menggunakan koin untuk semua transaksi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Abdul Hakim menyebutkan, pihaknya juga telah mengukuhkan Pengurus Homestay Tanah Datar dan meluncurkan aplikasi Pesona Tanah Datar .

baca juga: 15 Warga Tanah Datar Sembuh COVID-19, Terkonfirmasi Positif 182 Orang

"Aplikasi ini memberikan informasi tentang kegiatan pariwisata Tanah Datar dan destinasi wisata yang ada di Luhak Nan Tuo. Masyarakat sudah bisa mengaksesnya melalui internet," tutur Hakim.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Nofrial mengapresiasi Pemkab Tanah Datar yang selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan kunjungan pariwisata ke daerahnya. (*)

baca juga: KPU Tanah Datar Tetapkan Nomor Urut, Paslon Berkomitmen Terapkan Protokol COVID-19

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi