Melihat Lebih Dekat Keindahan Pulau Pagang

Pulang Pagang
Pulang Pagang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Provinsi Sumatera Barat memiliki banyak objek wisata pulau yang berjejer di 7 daerah perairan. Salah satunya Pulang Pagang yang terletak antara perbatasan perairan Kota Padang dan Pesisir Selatan (Secara administratif masuk Pessel).

Ada dua alternatif untuk sampai di pulau yang menawarkan keindahan pantai yang luar biasa ini. Bisa lewat dermaga Muaro Padang dan Sungai Pisang dengan menyewa jasa boat nelayan setempat.

baca juga: Bali Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia Pilihan Wisatawan

Menempuh jarak sekitar 30 kilometer atau 40 menit perjalanan laut, pengunjung sudah bisa sampai di Pulau Pagang. Tiket berkunjung juga tidak mahal hanya Rp35 ribu saja pengunjung bisa bermain sepuasnya di pulau yang masih asri itu.

KLIKPOSITIF mencoba menjajal Pulau Pagang dengan menumpangi kapal cepat BPBD Sumbar bantuan dari BNPB untuk evakuasi bencana di daerah perairan bersama rombongan beberapa dari awak media di Sumbar. Tak sampai 40 menit sudah sampai di pulau yang berdampingan dengan pulau Pasumpahan ini. Sebelum sampai rombongan disambut Pulau Sirandah dan Swarnadwipa.

baca juga: Bali Deklarasikan Diri Siap Sambut Wisatawan Nusantara

Sungguh pemandangan menakjubkan sepanjang perjalanan didukung cuaca yang bersahabat pagi itu (Kamis 13 Februari 2020).

Tarian ikan-ikan kecil dibawah dermaga mini menyambut rombongan yang datang. Beberapa orang pengunjung tampak tengah bersantai di bawah pohon kelapa rindang berbaris di pinggir pulau . Beberapa tukang bangunan orang berlalu lalang menyiapkan penginapan yang sedang dibangun.

baca juga: Perantau Pulanglah! Berhari Raya Di Kampung, Wisatawan Ayo ke Sumbar

Semakin hari pulau ini makin diminati bahkan setiap minggunya tidak kurang 500 pengunjung. Angka akan bertambah bila libur nasional dan hari besar tertentu.

"Sabtu minggu lebih ramai dari hari biasa. Paling ramai biasanya libur sekolah dan hari besar tertentu seperti libur nasional dan hari raya," kata Heru pengelola Pulau Pagang.

baca juga: Suku Baduy Minta Wisatawan yang Datang Dibatasi, Begini Sikap Kemenparekraf

Pengunjungnya beragam, mulai dari siswa, mahasiswa hingga liburan keluarga. Pengunjung berasal dari daerah, luar daerah bahkan wisatawan mancanegara.

Banyak permainan wisata air yang ditawarkan pengelola seperti banana boat, snorkling, jetsky, donat boat dan dalam waktu dekat akan disediakan playing fox.

"Fasilitas kami punya penginapan rumah kayu dengan tarif yang tidak terlalu mahal," jelas Heru.

Selain itu, di Pulau Pagang juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet dan tempat ibadah. "Ayo nikmati keindahan Pulau Pagang. Berswafoto sepuasnya," katanya mengakhiri. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir