Dampak Covid-19, Pengunjung Istano Basa Pagaruyung Berkurang Drastis

Kepala Dinas Parpora Tanah Datar Abdul Hakim
Kepala Dinas Parpora Tanah Datar Abdul Hakim (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Pengunjung tujuan wisata Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar berkurang hingga 40 persen sejak mulai merebaknya virus corona Covid-19.

"Ya, ada penurunan jumlah pengunjung lebih kurang 40 persen," ucap Kepala Dinas Pariwisata , Pemuda, dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Senin 16 Maret 2020.

baca juga: Hari Ini 46 Warga Positif COVID-19 di Tanah Datar, 7 Diantaranya Klaster Rutan Batusangkar

Ia menyebut, sampai hari ini tidak memiliki rencana untuk menutup sementara tujuan wisata yang ada di Tanah Datar khusus Istano Basa Pagaruyung.

"Bapak Sekda Irwandi sedang rapat tentang hal ini di Padang, kita masih menunggu informasi selanjutnya," ucap Hakim.

baca juga: TP-PKK Tanah Datar Salurkan Bantuan Emersia Grup Pada Warga yang Membutuhkan

Namun, sebagai antisipasi untuk merujuknya Covid-19, setiap pengunjung yang masuk ke Istano Basa Pagaruyung, akan diberi tisu basa dan cairan cuci tangan. Sementara pihaknya belum memiliki alat pendeteksi suhu tubuh manusia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison menyampaikan kunjungan wisatawan baik mancanegara ke beberapa destinasi utama Kabupaten Tanah Datar meningkat dua bulan terakhir.

baca juga: Lebaran Sebentar Lagi, Waspada Ganguan Kesehatan Akibat Pola Makan

Ia menjelaskan kunjungan wisatawan pada Januari 2020 sebanyak 113.518 orang dan pada Februari sebanyak 17.044 orang. Sementara kunjungan wisatawan pada Januari 2019 sebanyak 117.855 orang dan pada Februari 2019 sebanyak 101.182 orang. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri