5 Tips Traveling Murah Dan Simpel Untuk Budget Travelers

Ilustrasi
Ilustrasi (infowisata.com)

Kalau Anda ingin liburan dengan budget terbatas, simak saja 5 tips traveling murah dan simpel berikut ini. Liburan tidak harus mahal untuk bisa menyenangkan. Dengan biaya terbatas pun Anda bisa bersenang-senang sampai puas.

5 Tips Traveling Murah Dan Simpel

baca juga: Libur Panjang Aman COVID-19, Ini Saran Epidemologi Unand

Rencanakan Liburan Sebaik-baiknya

Sebelum menentukan akan liburan ke mana dan tanggal berapa, seharusnya Anda membuat rencana yang mendetail. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan.

baca juga: Dirjen Diksi: Mahasiswa Bukan Pekerja tapi Motor Penggerak Industri Pariwisata

Riset

Yang pertama harus dilakukan adalah riset. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya mengenai tempat yang ingin Anda kunjungi. Terutama mengenai harga tiket dan penginapan, destinasi wisata apa saja yang ada dan berapa tiket masuknya, alternatif transportasi dan biayanya, serta perkiraan biaya makan. Selain bertanya kepada teman-teman yang hobi traveling, Anda juga bisa mencari informasi dari blog traveling di internet.

baca juga: Ini Targetkan PAD Pemko Padang dari Pantai Air Manis

Itinerary dan Rincian Biaya

Setelah membuat rencana, hal yang harus Anda buat selanjutnya adalah itinerary dan perincian biaya. Tuliskan rencana perjalanan mulai dari berangkat, mengunjungi destinasi wisata di tempat tujuan, sampai pulang. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk biaya transportasi, penginapan, dan makan. Dengan begitu Anda tidak akan boros saat bepergian. Jangan lupa menyiapkan budget yang lebih untuk berjaga-jaga seandainya terjadi suatu emergency.

baca juga: Jadi Tuan Rumah Forum Kebencanaan Dunia, Jokowi: Momen Promosi Pariwisata

Menghemat Biaya Tiket

Terkadang yang membuat biaya liburan membengkak adalah harga tiket, apalagi untuk membeli tiket pesawat ke luar negeri. Nah, untuk menghemat biaya tiket pesawat Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

Bepergian Saat Low Season

Kunci dari traveling murah adalah pergi saat low season, ketika tidak banyak orang yang berlibur. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa tiket pesawat akan melonjak drastis pada saat high season, menjelang hari raya, ataupun long weekend. Tidak hanya harga tiket pesawat saja, tetapi harga penginapan dan tiket masuk destinasi wisata juga akan menjadi lebih mahal.

Karena itu, sebisa mungkin hindarilah bepergian saat high season dan carilah waktu untuk berlibur saat low season. Jika memungkinkan, pilihlah keberangkatan pada hari Selasa atau Rabu karena pada hari-hari tersebut harga tiket lebih murah.

Membeli Tiket dari Jauh Hari

Semakin dekat hari keberangkatan, harga tiket pesawat semakin mahal. Apalagi jika kita membeli pada bulan yang sama, pasti harganya melonjak drastis. Supaya bisa mendapatkan tiket yang murah, sebaiknya Anda membeli tiket dari jauh hari. Disarankan untuk membeli tiket sekitar 13 minggu sebelum tanggal keberangkatan untuk mendapatkan harga yang terbaik.

Terbang dengan Maskapai Budget

Ingin mendapatkan tiket yang lebih murah lagi? Pilihlah untuk terbang dengan maskapai budget. Tiket maskapai budget seperti Lion Air, Air Asia, dan lain-lain jauh lebih murah dibandingkan dengan maskapai biasa.

Harga tiket bisa lebih murah lagi kalau Anda pesan tiket Lion Air tanpa tambahan bagasi. Kalau Anda hanya ingin solo traveling dalam jangka waktu yang singkat, Anda bisa membawa koper kecil saja supaya bisa dibawa ke kabin.

Pesan Tiket di Traveloka

Untuk mendapatkan harga yang murah, Anda bisa memesannya lewat aplikasi online Traveloka. Dengan aplikasi ini, lebih mudah untuk memantau promo tiket murah.

Untuk mendapatkan promo kita memang harus rajin memantau harga tiket. Tapi, dengan fitur Price Alert dari Traveloka, Anda tidak perlu sering-sering mengecek harga. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan otomatis mendapatkan notifikasi saat harga tiket yang Anda incar sudah turun dan terjangkau untuk budget yang Anda tetapkan.

Pilih Penginapan Murah

Penginapan adalah hal yang penting disiapkan dalam liburan .Tentunya kita menginginkan penginapan yang nyaman dan aman supaya kita bisa beristirahat dengan maksimal. Namun kadang biaya penginapan juga membuat pengeluaran untuk traveling membengkak.

Mencari penginapan tidak perlu yang mewah seperti hostel . Cukup memilih penginapan yang nyaman dan bersih serta menyediakan fasilitas yang lengkap. Untuk menghemat, Anda bisa memilih untuk tinggal di hostel. Walaupun harus berbagi ruangan dengan orang lain, banyak hostel yang cukup nyaman dengan fasilitas yang memadai. Malah Anda bisa mendapatkan teman baru selama traveling.

Jika Anda kurang nyaman berbagi kamar dengan orang asing, Anda bisa menginap di rumah atau apartemen yang disewakan orang. Alternatif lain adalah mencari promo penginapan murah. Sama seperti promo tiket, Anda bisa mencari promo penginapan di aplikasi travel seperti Traveloka.

Menghemat Biaya Makan

Liburan kurang lengkap kalau tidak meliputi wisata kuliner, apalagi mencoba makanan khas daerah yang kita kunjungi. Namun kalau kalap bisa-bisa kita keluar uang banyak hanya untuk makan saja.

Supaya bisa makan enak dan murah, sebaiknya kita menghindari restoran atau mall. Pilihlah foodcourt murah, jajanan tradisional, bahkan kaki lima dan street food. Walaupun lebih murah, bukan berarti rasanya kalah lezat. Inilah pentingnya melakukan riset sebelum traveling, supaya kita tahu di mana bisa makan enak tapi murah.

Mencari Oleh-oleh Murah

Kalau pulang liburan , pastinya banyak yang menodong minta oleh-oleh. Mulai dari keluarga sampai teman-teman. Saat membeli oleh-oleh, hindarilah souvenir yang dijual di tempat wisata atau tourist spot lainnya. Meskipun menarik, tapi biasanya harganya lebih mahal dibandingkan di pasaran karena memang ditargetkan untuk turis.

Sebagai alternatif, Anda bisa membeli oleh-oleh di pasar tradisional. Selain lebih murah, di pasar Anda juga bisa mendapatkan souvenir yang unik dan lebih otentik.

Itulah beberapa cara menghemat biaya liburan . Semoga 5 tips traveling murah dan simpel di atas bisa membantu Anda mewujudkan liburan impian. (*)

Editor: Pundi F Akbar