Politeknik ATI Padang dan DD Singgalang Pasang Bilik Sterilisasi di RS Unand

Tim Politeknik ATI Padang, DD Singgalang dan pihak RS Unand menempatkan bilik sterilisasi di depan ruangan IGD.
Tim Politeknik ATI Padang, DD Singgalang dan pihak RS Unand menempatkan bilik sterilisasi di depan ruangan IGD. (Ist)
KLIKPOSITIF -

Sebagai upaya menangkal penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Sumatera Barat, Politeknik ATI Padang bersama Dompet Dhuafa Singgalang pasang bilik sterilisasi (disinfection chamber) di depan pintu masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Universitas Andalas (Unand) pada Jumat (10/04/2020).

Ester Edwar Direktur Politeknik ATI Padang mengatakan bilik sterilisasi ini perdana dipasang di RS Unand.

baca juga: DD Singgalang-YBM PLN UP2B Sumbagteng Salurkan Bantuan Sembako dan Santunan Ramadan

"Kita sudah koordinasikan dengan Dompet Dhuafa Singgalang untuk penempatan bilik sterilisasi," katanya.

Saat ini sudah ada sebanyak 4 buah bilik sterilisasi yang sedang di produksi. Yang pertama disalurkan ke RS Unand, selanjutnya akan disalurkan ke RS Ahmad Mochtar Bukittinggi dan ke salah satu RS di Pariaman.

baca juga: Dukung Upaya #DiRumahAja, DD Singgalang Launching LAJEZ, Siap Jemput Zakat ke Rumah Muzaki

Kemudian Ester menjelaskan bilik sterilisasi ini diproduksi dan dibiayai langsung oleh Politeknik ATI Padang. Bilik tersebut dibuat oleh dosen teaching factory atas rekomendasi dari Kementerian Perindustrian sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. sebelumnya kampus Poli ATI Padang juga telah menyalurkan hand sanitizer kepada masyarakat di kota Padang.

"Pada bilik sterilisasi itu, kita menggunakan alat sensor yang dirakit pada bagian bilik, nanti secara otomatis cairan disinfectan akan keluar dan kita menyarankan selama 10 detik berada di dalam bilik sterilisasi sembari memutar badan sebanyak 3 kali. Hal itu bertujuan agar semprotan cairan merata mengenai seluruh bagian pakaian," Katanya.

baca juga: YBM PLN UP2B Sumbagteng Gandeng DD Singgalang Bagikan Sembako di Lubuk Alung

Ester menambahkan cairan yang digunakan ini aman terkena bagian kulit. Formula cairan sudah berdasarkan uji labor karena ada cairan ethanol hang dilarutkan sebanyak 96 persen dengan aquades, sehingga menghasilkan alkohol 70 persen yang berfungsi sebagai larutan desinfektan dan ini aman untuk tenaga medis. Fungsi utama dari hal itu guna mensterilisasi pakaian tenaga medis. Ia berharap ag arbilik sterilisasi tersebut dapat memberikan rasa aman bagi tenaga medis yang sering keluar masuk ruangan isolasi.

Sementara itu, Hadie Bandarian Syah Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Singgang mengatakan penyaluran bilik sterilisasi ini sebagai salah satu bagian program Cegah Tangkal (Cekal) Corona dari Dompet Dhuafa .

baca juga: Dompet Dhuafa Singgalang Bangkitkan Komoditas Kopi Solok

"Bilik sterilisasi ini merupakan donasi dari Politeknik ATI Padang yang diperuntukkan untuk RS di Sumatera Barat. Kamk Dompet ikut berterimakasih kepada pihak ATI Padang yang ikut mendukung program Cekal Corona Dompet Dhuafa , dan gerakan Cekal ini sudah dimasifkan diseluruh Indonesia," tutur Hadie.

Bersama ATI Padang, bilik sterilisasi ini perdana dipasang di RS Unand.

"RS Unand merupakan salah satu rujukan utama untuk pasien Covid-19 di Sumbar, ini bagian dari upaya kita bersama untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 khususnya di Sumbar," papar Hadie.

[Rilis]

Editor: Khadijah