Normal Baru, Lima Lokasi Wisata di Kota Padang Ini Wajib Dikunjungi Setelah Lama Dirumah Aja

Pantai Air Manis Padang
Pantai Air Manis Padang (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Jika berkunjung ke Kota Padang setalah bosan dirumah aja, ada lima lokasi wisata yang wajib dikunjungi dengan fasilitas dan pemandangan yang berbeda.

Lima lokasi wisata tersebut tersebar di beberapa titik yang jaraknya tidak terlalu jauh. Lokasi wisata pertama adalah Pantai Padang yang merupakan gabungan antara Pantai Cimpago dan Pantai Purus.

baca juga: Ustaz di Agam Meninggal Saat Khotbah Salat Idul Fitri

Pantai yang kerap disebut Taplau (Tapi Lauik) ini terletak pada kawasan padat perkotaan di Kecamatan Padang Barat yang berjarak kurang lebih 23 km Bandara Internasional Minangkabau atau 30 menit perjalanan darat dengan menggunakan mobil.

Di Pantai Padang , terdapat banyak permainan anak serta kuliner yang dapat diperoleh wisatawan di Lapau Panjang Cimpago (LPC) yang terletak di seberang jalan.

baca juga: Sekjen Gerindra Nyatakan Siap Dukung Normalisasi Batang Tapan Pessel

Wisata yang kedua adalah Jembatan Siti Nurbaya yang terletak tidak jauh dari Pantai Padang . Jembatan dengan panjang 156 meter itu membentang di sebuah sungai yang bernama Batang Harau.

Jembatan Siti Nurbaya dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan pada tahun 2002. Nama Siti Nurbaya diambil dari sebuah novel karya Marah Rusli dengan judul yang sama.

baca juga: RUU Daerah Kepulauan Jadi Kebutuhan Mendesak Masyarakat Kepulauan

Saat ini, Jembatan Siti Nurbaya menjadi sebuah lokasi wisata yang memberikan pemandangan serta kuliner pisang bakar dan jagung bakar.

Lanjut kepada wisata yang ketiga adalah Gunung Padang yang terletak sekitar 500 meter dari Jembatan Siti Nurbaya.

baca juga: Antisipasi Tahanan Kabur, Wakapolres Lima Puluh Kota Lakukan Hal Ini

Sebuah bukit dengan tinggi 885 Meter Dasar Laut (Mdpl) memiliki keunikan tersendiri. Ada banyak lobang peninggalan penjajahan Belanda dan Jepang di atas bukit tersebut.

Untuk menuju Gunung Padang , pengunjung disajikan dengan tangga yang cukup panjang untuk menuju puncaknya.

Dari Gunung Padang , pengunjung dapat melihat sajian pemandangan Kota Padang yang indah dari bukit yang cukup tinggi tersebut.

Selanjutnya, pariwisata Kota Padang terbaik dan paling banyak dikunjungi adalah Pantai Air Manis yang letaknya cukup jauh dari Gunung Padang .

Pantai Air Manis adalah sebuah primadona Kota Padang yang mengandalkan batu Malin Kundang yang legendaris.

Batu Malin Kundang merupakan legenda seorang anak durhaka yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu dan saat ini menjadi sebuah wisata yang diandalkan oleh Kota Padang .

Sajian pantai yang luas saat ini menjadi arena permainan yang dimanfaatkan untuk arena CVT yang bisa dirental dari masyarakat sekitar.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyebrang ke Pulau Pisang Ketek yang berjarak 100 meter dari bibir Pantai Air Manis.

Terakhir adalah Pulau Pasumpahan yang terletak di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Lokasi wisata tersebut diklaim sebagai raja ampatnya Sumatera Barat.

Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai dan pengunjung bisa menaiki Kapal yamg disediakan di daerah Bungus Teluk Kabung.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri