Warga Kembangkan Panorama Bukit Gadang Salimpaung Jadi Objek Wisata dan Spot Paralayang

Pengunjung menyaksikan keindahan alam dan ujicoba olahraga Paralayang di Panorama Bukit Gadang Nagari Salimpaung Tanah Datar
Pengunjung menyaksikan keindahan alam dan ujicoba olahraga Paralayang di Panorama Bukit Gadang Nagari Salimpaung Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Warga Jorong Nan IX, Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar mulai mengembangkan Panorama Bukit Gadang menjadi objek wisata dan lokasi olahraga paralayang .

"Kita mulai merintis Panorama Bukit Gadang sejak enam tahun silam, secara bertahap semakin diminati dan juga mendapat perhatian pemerintah nagari dan pemerintah daerah," ucap Tokoh Pemuda Nagari Salimpaung Masriwal, Senin 22 Juni 2020.

baca juga: Tiga Warga Tanah Datar Disambar Petir, Dua Meninggal Dunia

Ia menyebut, sejak 2019 sudah dikunjungi atlet paralayang dari beberapa daerah di Sumatera Barat. Ia berharap Panorama Bukit Gadang dapat menjadi lokasi unggulan.

Masriwal menjelaskan di lokasi Panorama Bukit Gadang terdapat spot-spot yang bisa menyaksikan sebagian wilayah Tanah Datar dari berbagai arah dengan hamparan sawah, bukit, dan bangunan.

baca juga: Hari Ini, Dua Pasien COVID-19 Asal Tanah Datar Meninggal Dunia

Meski perlu perjuangan menuju puncak bukit yang menanjak dan berliku, pengunjung akan terkagum melihat keindahan alam ciptaan Allah Yang Maha Kuasa ini.

Warga melihat potensi Panorama Bukit Gadang yang luar biasa dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat, pemerintahan nagari dan pemda.

baca juga: Hari Ini 15 Orang Positif COVID-19 di Tanah Datar, 11 Orang Pasien Sembuh

"Ini masih tahap awal dan sosialisasi kepada masyarakat, mudah-mudahan dapat diminati wisatawan namun tetap dalam kerangka menjaga pelestarian alam, nilai agama, adat dan budaya setempat," harap Masriwal.

Sementara itu, Wali Nagari Salimpaung Marjohan didampingi Kepala Jorong Nan IX Multa Ekris, mengatakan beberapa fasilitas yang sudah dilengkapi di lokasi Panorama Bukit Gadang berupa jalan yang sudah dicor.

baca juga: Penurunan PAD pada Perubahan APBD 2021, Bupati Tanah Datar: Belum Ada Penambahan Objek Pajak dan Retribusi

"Pemerintahan nagari mendukung sepenuhnya upaya pemuda yang menggagas Panorama Bukit Gadang sebagai objek wisata baru dan olahraga paralayang , mudah-mudahan menjadi perhatian pemerintah daerah," tutur Marjohan.

Ia berharap ke depan potensi pariwisata dan olahraga ini terus dikembangkan dan dilengkapi sarana dan prasarananya sehingga kunjungan meningkat dan tidak tertutup kemungkinan wisatawan dan penggemar paralayang baik skala nasional maupun mancanegara akan datang. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera