Menengok Keindahan Alam Air Terjun Siburai Burai Padang yang Masih Alami di Kinali Pasbar

Air Terjun Siburai Burai Padang di Jorong Anam Koto Utara, Kecamatan Kinali
Air Terjun Siburai Burai Padang di Jorong Anam Koto Utara, Kecamatan Kinali (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pasaman Barat merupakan salah satu daerah kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki begitu banyak kekayaan keindahan alam nya. Salah satu nya air terjun Siburai Burai Padang yang berada di Kecamatan Kinali.

Air terjun yang berada tepat nya di Jorong Anam Koto Utara, Kecamatan Kinali itu sangat sejuk dan sebuah mahakarya cipta tuhan yang sangat indah serta tidak bosan-bosan nya ketika berada di area wisata air terjun tersebut.

baca juga: Polres Pasbar Ringkus Dua Pengedar Narkoba di Lokasi Berbeda

Meski jarak tempuh dari jalan lintas sekitar 10 kilometer ke lokasi, tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk menuju ke air terjun tersebut.

Para wisatawan banyak berkunjung, sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar dan bisa menambah pendapatan asli nagari serta PAD Kabupaten Pasaman Barat dari sektor pariwisata.

baca juga: Sekolah di Pasaman Barat Akan Kembali Dibuka, Ini Kata Bupati

Bagi pecinta keindahan alam, sangat cocok untuk mengunjungi wisata air terjun yang berada di Anam Koto itu. Tempat nya sangat bagus dan keindahan alam nya masih sangat alami.

Namun akses jalan menuju wisata air terjun ini belum terkelola dengan baik dan hingga saat ini belum menjadi perhatian oleh pemerintah daerah. Padahal objek wisata ini telah menjadi salah satu pendongkrak perekonimian warga setempat.

baca juga: Untuk Pecinta Gowes, Yuk Telusuri Trek Gunung Talamau di Pasbar

Salah satu pejabat daerah ikut melakukan wisata bersama keluarga di air terjun itu yakni wakil ketua DPRD Pasbar , Daliyus K.

"Air terjun yang ada di Jorong Anam Koto ini sangat bagus dan hutannya masih alami. Artinya belum pernah disentuh oleh tangan manusia," sebut Daliyus K, Minggu (28/6/2020)

baca juga: Wisata Pemandian Pincuran Tujuh dan Batu Lipek Kain, Keindahan Alam yang Tersembunyi di Kinali

Ia mengatakan, hendaknya pemerintah daerah, khusus nya Dinas Pariwisata berperan aktif untuk membangun tempat ini, untuk menjadi tempat wisata yang mulai dikenal oleh masyarakat banyak.

"Jika dikelola dengan baik, tentu saja air terjun ini bisa menjadi salah satu ikon wisata Pasaman Barat , karena lokasi nya sangat alami dan ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan," katanya.

Munawer salah seorang warga setempat berharap, agar pemerintah daerah berperan aktif untuk membuka akses dan mempromosikan kepada seluruh dunia tentang lokasi air terjun ini.

"Objek wisata air terjun Anam Koto ini merupakan aset daerah dan nagari. Jika dikelola dengan baik, tentu saja selain meningkatkan perekonomian warga, juga akan meningkatkan pendapatan asli daerah dan nagari," ujarnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi