Pariwisata Aman COVID-19, Karyawan Hotel di Sumbar Tes Swab

Tes swab karyawan hotel di Padang
Tes swab karyawan hotel di Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mulai membangkitkan kembali sektor pariwisata yang terdampak COVID-19.

Berbagai stimulus diberikan agar sektor yang menjadi penopang ekonomi ini bergerak bangkit. Salah satunya dengan tes swab kepada karyawan hotel di provinsi tersebut.

baca juga: Peneliti Ungkap Virus Covid-19 Berdampak Pada Otak

Hotel yang telah melakukan tes swab kepada karyawan mendapat sertifikat dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Kemudian hotel ditempel stiker sebagai tanda telah tanda karyawan di hotel tersebut telah menjalani tes swab. Ini bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para tamu yang akan menginap.

"Pengambilan sampel swab ini agar memastikan pelaku pelayanan pariwisata kita negatif COVID-19. Ini juga kita berlalukan bagi para wisatawan untuk dilakukan swab memastikan mereka negatif COVID-19. Jika semua sehat silahkan menikmati semua keindahan alam, budaya dan kuliner di Sumbar," ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat peninjauan swab karyawan hotel berbintang di Kota Padang, Senin (29/6).

baca juga: Resmi, Kemenkes Tetapkan Tarif Atas Rapid Test

Irwan mengatakan, tes swab dilakukan kepada 1.073 orang dari 23 hotel berbintang di Kota Padang. "Kami ingin wisata yang sehat, nyaman dan aman COVID-19, karena itu kami swab semua pelaku hotel semua komponennya," katanya.

Menurutnya, hunian hotel di provinsi itu mulai mengeliat. Setiap harinya ada 50 kamar terisi, bahkan hari Minggu mencapai mencapai 80 kamar.

baca juga: Hampir 2 Ribu Anak Indonesia Alami Kekerasan Selama Pandemi COVID-19

"Ini menandakan wisata Sumbar pelan-pelan sudah berjalan. Sosialisasi dan promisi terus kami lakukan bersama dinas pariwisata dan stekholter terkait," ujarnya.

Sementara itu, General Manajer Pangeran Beach Hotel, Soedjoko menyampaikan, dalam pelayanan di hotel, pihaknya selalu disiplin menerapkan protokol COVID-19, seperti pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, agar produktif dan aman COVID-19 berjalan baik sesuai harapan kebijakan pemerintah.

baca juga: Sekolah Dimulai 13 Juli, Pemkab Solsel Siapkan Sitem Kombinasi

"Kami senang dengan kebijakan Gubernur Sumbar yang cepat memberikan kepastian aktivitas perekonomian daerah. Kami merasa terbantu dan termotivasi juga bergerak cepat memberikan pelayan bagi tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Sumbar," ungkapnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir