Kampung Sarugo di Lima Puluh Kota Masuk Nominasi API 2020, Ini Kata Kepala Dinas Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Lima Puluh Kota Nengsih
Kepala Dinas Pariwisata Lima Puluh Kota Nengsih (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Pasca dikembangkan satu tahun belakangan, salah satu potensi pariwisata di Lima Puluh Kota masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020). Objek Wisata tersebut adalah Kampung Saribu Rumah Gonjong atau yang dikenal dengan sebutan Kampung Sarugo.

Kampung Sarugo sendiri terletak di Jorong Dadok, NagariKoto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh. Kepala Dinas Pariwisata Lima Puluh Kota Nengsih mengatakan, salah satu objek wisata unggulan di Luak Nan Bungsu masuk dalam kategori Kampung Adat.

baca juga: Dekan Fakultas Pariwisata UMSB Ajak Warga Vote Kampung Wisata Sarugo Untuk Menangkan API 2020

"Benar, sehubungan penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020) dengan menunjuk pada seluruh usulan nominasi yang telah diterima dan hasil keputusan rapat Komite Seleksi, kami telah menerima Daftar Nominasi API 2020 dengan Surat bernomor : AJJ/AD/019/VII/2020 tentang Daftar Nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020. Alhamdulillah Kampung Sarugo masuk 10 besar nominasi dikategori Kampung Adat," kata Nengsih yang akrab disapa Buk Nang.

Ia menjelaskan saat ini proses selanjutnya adalah periode pemungutan suara atau voting pada 1 Agustus 2020 hingga 31 Desember 2020 mendatang. Kemudian untuk promosi dan sosialisasi atau kampanye dilaksanakan pada Juli hingga Desember 2020 dan untuk malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 ini akan digelar pada Februari 2021 di Kota Balikpapan.

baca juga: Terganggu Pandemi COVID-19, Sejumlah Program Kejari Payakumbuh Harus Disesuaikan

"Kampung Sarugo ini berkembang sejak 1 tahun terakhir setelah dilakukan pelatihan dan pembinaan pengelola pariwisata di Lima Puluh Kota . Dalam workshop tersebut diberikan penjelasan bagaimana mengembangkan pariwisata dan bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, khususnya Fakultas Pariwisata," katanya, Senin 6 Juli 2020.

Untuk API 2020 ini, pihaknya memasukkan sebanyak 14 kategori seperti destinasi , wisata kuliner, permainan anak nagari, dan kampung adat. Namun setelah pengumuman beberapa hari lalu dengan keluarnya surat dari Panitia API 2020 maka Kampung Sarugo masuk nominasi kategori Kampung Adat.

baca juga: Termasuk Mantan Kepala Inspektorat Lima Puluh Kota, 3 Tersangka Dugaan Korupsi Transmigrasi Ditahan

"Langkah berikutnya adalah voting dan pembuatan video promosi. Kemudian juga mohon dukungan masyarakat agar Kampung Sarugo ini bisa terus masuk nominasi hingga memenangkan kategori ini. Sebab dengan dikenalnya Kampung Sarugo ini maka tentunya pariwisata dan ekonomi masyarakat akan bergerak," ujarnya.

Selain itu, di Kampung Sarugo ini juga memiliki potensi wisata agro, wisata sejarah, dan mengenalkan pengunjung atau wisatawan dengan kehidupan alami masyarakat setempat. Dalam hal pariwisata dikatakannya, telah tersedia paket wisata menginap dengan berbagai kegiatan seperti bertani, memancing, dan kegiatan lainnya.

baca juga: Jasa Pengiriman Paket di Payakumbuh Didominasi Rendang

"Berharap ke depannya paket wisata ini banyak diminati pengunjung karena akan berdampak terhadap roda ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,".

Sementara itu, Kampung Sarugoini merupakan kampung binaanUniversitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB). Dimana sebelumnya juga mendapatkan bantuan berupa satu unit tempat cuci tangan dilengkapi toren air sebagai salah satu protokoler kesehatan, yaitu untuk cuci tangan pakai sabun.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri