Ekspos Keindahan Alam Pessel, Ikatan Mahasiswa IV Jurai UIN IB Jelajah Air Terjun Serasah Talang Lumpo

Saat mahasiswa Ikatan Mahasiswa IV Jurai (IM IV J) UIN Imam Bonjol Padang berada Air Terjun Serasah Talang Lumpo
Saat mahasiswa Ikatan Mahasiswa IV Jurai (IM IV J) UIN Imam Bonjol Padang berada Air Terjun Serasah Talang Lumpo (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Mendorong gairah dunia pariwisata, puluhan orang mahasiswa Ikatan Mahasiswa IV Jurai (IM IV J) UIN Imam Bonjol Padang jelajah keindahan destinasi wisata alam Air Terjun Serasah Talang Lumpo, Selasa 7 Juli 2020.

Ketua Umum Ikatan Mahasiswa IV Jurai (IM IV J) UIN Imam Bonjol Padang, Rizal Indra mengungkapkan, ini merupakan pengalaman pertama mereka dalam menjelajah alam Pesisir Selatan .

baca juga: Melirik Bisnis Kuliner Randang Ega di Pessel

Berada tepat di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Air Terjun Serasah Talang Lumpo berada langsung di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Rizal Indra dan teman-temannya mengaku takjub dengan keasrian alam tersebut. Apalagi, merasakan langsung menikmati kesejukan dingin air terjun .

baca juga: Begini Suasana Musim Durian di Ganting Kubang Pessel

Bahkan, penat-pun tak terasa meski mereka sudah melewati terjal jalan pebukitan, hingga sampai ke lokasi.

"Sangat indah dan menyenangkan, meskipun tantangan dan rintangan untuk sampai ke objek itu berat, namun kami bisa menyelesaikan," ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

baca juga: Dua Kasus Positif di Pessel Hari Ini, Anak dan Sopir dari Perantau Asal Kambang

Selain mahasiswa UIN IB, kata Rizal Indra mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi lainnya juga ikut menikmati jelajah itu. Mencapai 68 orang, untuk ke lokasi mereka harus menempuh waktu hampir 3 jam. Acapkali berhenti, namun menjadikan jelajah mereka lebih terasa.

"Setidaknya, tidak menutup kemungkinan untuk mengekspos potensi lainnya yang ada di Kecamagan IV Jurai. Karena kami tahu Pesisir Selatan banyak keindahan alam yang tersembunyi," terangnya.

baca juga: Hari ini Dua Warga Pessel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Sumatera Barat, melalui Kasi PTN III Painan, Laskar Jaya Permana mengatakan, kawasan Air Terjun Serasah Talang Lumpo masuk dalam pengelolaan hutan TNKS.

"Namun, untuk antisipasi permasalahan kegiatan ekspedisi mahasiswa ini didampingi langsung oleh Petugas dan Para Guide/ pemandu dari Kelompok Sadar Wisata WASTAM. Karena memang, bagi para pengunjung tetap kami imbau pemandu, dianataranya yang dibina oleh BBTNKS dan Dinas Pariwisata Pesisir Selatan ," terangnya.

Salah seorang Penggiat Ekowisata, Rika Putra Abbas menyatakan, pada saat new normal ini jumlah pengunjung ke Nagari Limau Gadang Lumpo terjadi peningkatan sangat signifikan. Dan jumlah itu, jauh meningkat dari kondisi normal sebelumnya.

"Namun, tetap kita ajak pengunjung diwajibkan mengikuti protkol kesehatan. Karena memang saat ini, semua kita diharuskan menaati itu," ujarnya.

Air Terjun Serasah Talang Lumpo memiliki ketinggian mencapai 60 meter. Selain, memiliki pemandangan yang indah, di lokasi sasarah ini memiliki hiliran sungai yang jernih.

Berkujung ke Air Terjun Serasah Talang Lumpo, hanya menempuh jarak hingga 10 kilometer. Berjalan memasuki Simpang Salido, tepatnya di depan kantor wali nagari, terus lurus ke Simpang tiga Pasar Lumpo.

Dari Simpang tiga Pasar Lumpo, belok kanan ketika sampai Simpang Tiga Nagari Bukit Siayah, dan belok kiri ketika memasuki Simpang 3 di Limau Gadang. Setelah memasuk Limau Gadang ini, pengujung bisa bertanya ke warga setempat atau langsung membawa pemadu sesuai ajuran Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Sumatera Barat.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera