Puluhan Pegowes Promosikan Pesona Puncak Pato dan Ngalau Pangian Tanah Datar

Para Pegowes mempromosikan Wisata Puncak Pato dan Ngalau Pangian
Para Pegowes mempromosikan Wisata Puncak Pato dan Ngalau Pangian (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Sekitar 40 orang pegowes asal Lintau, Kabupaten Tanah Datar bersepeda mempromosikan pesona destinasi wisata Puncak Pato, Kecamatan Lintau Buo Utara dan Ngalau Pangian, Kecamatan Lintau Buo.

"Bersepeda menjadi olahraga alternatif saat ini untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun kita dapat sekalian mengenalkan potensi wisata di daerah yang kita singgahi," ucap Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma saat bersepeda bersama puluhan pegowes di Lintau, Minggu 12 Juli 2020.

baca juga: 9 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, 8 Diantaranya Tenaga Kesehatan

Ia menyebut awalnya belum menyukai olahraga bersepeda ini, namun akhirnya jatuh cinta. Begitu mencoba bisa menjadi hobi yang menyenangkan.

Kemudian, dengan bersepeda juga dapat menjadi benteng diri dari perilaku negatif yang merugikan diri sendiri.

baca juga: Dua Hari di Tanah Datar, Komunitas VES Chapter Sumbar Gelar Berbagai Kegiatan Sosial

"Kita sangat prihatin terhadap fenomena perilaku negatif, seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, LGBT dan lainnya. Dengan kegiatan seperti ini bisa menjauhkan generasi muda dari prilaku negatif tersebut," tutur Retri.

Sementara itu, salah seorang Pegowes dari Komunitas Lintau Kayuah Zannuba Arifah menyampaikan sebagai generasi muda memang membutuhkan wadah untuk menyalurkan hobi sehingga tidak mudah terpengaruh dalam prilaku negatif.

baca juga: Wabup Tanah Datar Baronde Bersama Petani di Batu Taba

"Kita mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk mewujudkan dan menjalin silaturahmi dan rasa kekeluargaan dengan saudara dari Batusangkar," tutur Zannuba.

Rute bersepeda diawali dari Puncak Pato Kecamatan Lintau Buo Utara dan finish di Ngalau Pangian Lintau Buo dengan menempuh jarak sekitar 10 kilometer dan melalui perbukitan dengan trak yang berliku. (*)

baca juga: Gowes Siti Nurbaya, Pegiat Sepeda: Panitia Harus Perketat Tiga Titik Ini

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Rezka Delpiera