Mau Ikuti Kontes Burung Pipit? Simak Kriteria Berikut

Besri satu dari banyak penggemar burung pipit di Pessel
Besri satu dari banyak penggemar burung pipit di Pessel (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Kegemaran memikat atau menangkap Burung Finch atau yang lebih dikenal dengan nama Burung Pipit di sebagian wilayah di Kabupaten Pessir Selatan ( Pessel ) saat ini memang sedang marak. Tidak hanya kalangan muda, namun juga kalangan tua.

Kegemaran ini di antaranya terpantau di Nagari Rawang Gunung Malelo, Kecamatan Sutera. Memang musiman, namun hobi ini tampak mengundang banyak peminat, seperti halnya Besri (30).

baca juga: Sekolah Sering Kebanjiran, Ini Harapan Kepala SMKN 1 Sutera Pessel

Becerita memikat burung pipit , ayah dari satu anak ini mengaku, sudah hobi sedari Sekolah Dasar (SD). Memang tidak terlalu begitu menggelutinya ketika kecil. Namun, ia cukup memahami burung pipit seperti apa yang tergolong bagus.

"Ya, tentu ada kriterianya juga. Tidak bisa semberangan saja. Karena, burung pipit dikoleksi akan diikuti kontes," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , saat ditemui di lokasi arena kontes burung pipit di Rawang Gunung Malelo.

baca juga: Kasus Dugaan Korupsi Oknum Wali Nagari di Pessel, Jaksa Bidik Tersangka Baru

Melihat burung pipit yang dimiliki Basri memang terlihat sudah mulai jinak, tidak seperti saat pertama kali didapat. Bunyinya-pun terdengar nyaring keras, dan katanya inilah kriteria pertama.

Kemudian, selain suara, pemikat yang bagus harus dari kelamin jantan dan memiliki badan panjang. Kalau bisa, umurnya tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda atau separuh umur.

baca juga: KPU Pessel Masih Menunggu Informasi MK Soal Lanjutan Gugatan Paslon Pilkada

Lalu dari bulunya, dan bulu yang bagus itu adalah memiliki corak yang tampak pekat. Sebab, katanya, jika di luar kriteria itu jarang yang bagus.

"Jadi perlu pengetahuan juga. Karena dari kriteria itu, kita bisa menentukan mana yang bagus dan yang tidak," terangnya.

baca juga: Diduga Timbulkan Kerugian Negara Ratusan Juta, Oknum Wali Nagari di Pessel Ditahan Jaksa

Selain, suara dan kriteria di atas, kata Besri pakan burung pipit yang akan jadi pemikat juga harus diperhatikan. Termasuk pola makannya, dan makanan yang mudah dicari itu adalah bijian padi.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi