PNP dan Dinas Pariwisata Sumbar Teken MoU Bidang Pariwisata

Direktur PNP Surfa Yondri (dua dari kiri) dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial (dua dari kanan) melakukan MoU dibidang pengembangan SDM Pariwisata.
Direktur PNP Surfa Yondri (dua dari kiri) dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial (dua dari kanan) melakukan MoU dibidang pengembangan SDM Pariwisata. (ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Dalam rangka mendukung pengembangan Program Studi (Prodi) Usaha Perjalanan Pariwisata , Politeknik Negeri Padang ( PNP ) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Dinas Pariwisata Sumatera Barat dan Asosiasi Pariwisata , Rabu, 22 Juli 2020.

Bertempat di kampus PNP , penandatangan perjanjian kerjasama yang juga dilakukan dalam rangka pengembangan program Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata itu dilakukan oleh Direktur PNP Surfa Yondri dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial.

baca juga: Jelang Hari Pariwisata Sedunia, Ini Harapan Kemenparekraf

Penandatanganan MoU kedua belah pihak itu turut didampingi oleh Wakil Direktur 1 PNP Revalin Herdianto dan Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar Joni Mardianto, dan juga disaksikan oleh sejumlah dosen dan mahasiswa Program Studi Usaha Perjalanan Pariwisata PNP .

Surfa Yondri mengatakan, dengan adanya perjanjian ini, yang pertama dilakukan adalah mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa di PNP ada Prodi Usaha Perjalanan Pariwisata . Program studi ini di dalam prosesnya, baik perancangan kurikulum, proses belajar mengajar dan magang, juga didukung oleh Dinas Pariwasata dan Asosiasi Pariwisata .

baca juga: Ketua DPRD Pariaman Sebut SDM Pelaku Wisata Jadi Persoalan Wisata di Pariaman

"Selama ini perencanaan kurikukim, proses belajar mengahar dan penempatan mahasiswa magang memang sudah berjalan, namun ke depan kami ingin lebih meningkatkannya lagi. Apalagi kini dicanangkan kampus merdeka dan merdeka belajar. Artinya ini mengharuskan kampus terlibat dengan industri. Begitu juga sebaliknya," kata Surfa Yondri.

Orang nomor satu di PNP itu juga menyampaikan dengan adanya penandatangan perjanjian kerjasama yang juga melibatkan industri pariwisata , tentu bagi PNP ini juga akan memberikan multiplier effect untuk ke depannya. "Kerjasama ini akan membuka kesempatan kerja lebih banyak lagi bagi lulusan PNP dari Prodi Usaha Perjalanan Pariwisata ," ujarnya.

baca juga: PNP Buka Beasiswa Digital Talent Scholarship 2020, Buruan Daftar Kuotanya Terbatas

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Sumateta Barat Novrial menuturkan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam penunjang pariwisata adalah dengan menyiapkan tiga Ranpergub tentang standarisasi pembangunan pengembangan objek wisata.

Ketiga Ranpergub itu adalah Pergub tentang mekanisme perhitungan data kepariwisataan. Pergub tentang pembangunan ekonomi kreatif berbasis kepariwisataan, dan Pergub Promosi Bersama Lintas OPD. "Jadi, langkah-langkah untuk menunjang kegiatan pariwisata , kita mulai dari Pergub tersebut," katanya.

baca juga: Di Masa Pandemi, Peminat PNP Jalur Mandiri Meningkat 25 Persen, 2006 Calon Mahasiswa Ikuti Seleksi Mandiri Masuk PNP dan 15 PTS

Mantan Kepala Disdukcapil Sumatera Barat itu juga mengatakan salah satu hal penting dalam pengembangan pariwisata adalah SDM dan Pokiteknik Negeri Padang merupakan perguruan tinggi yang paling memiliki peran penting dalam pengembangan SDM di bidang pariwisata .

"Kerjasama dengan PNP ini juga akan memberikan keuntungan bagi kami di Dinas Pariwisata Sumatera Barat untuk membentuk frontliner pariwisata . Jadi, nanti lulusa dari PNP ini bisa masuk ke hotel, industri, guide, pelaku wisata dan lain sebagainya yabg berkaitan dengan wisata," imbuh Novrial.(*)

Editor: Riki Suardi