17 Agustus, Komunitas Kupi Batigo Laksanakan Upacara Dalam Laut

Komunitas Kupi Batigo
Komunitas Kupi Batigo (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tak henti berinovasi dalam rangka mengedukasi anak negeri, Komunitas Kupi Batigo akan menyelenggarakan peringatan kemerdekaan RI di dalam laut Taluak Buo. Hal itu disampaikan pimpinan Kupi Batigo, Yulvialdi Adek kemarin. Dikatakannya, kegiatan ini adalah upaya untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada generasi muda terutama anak-anak yang berada di kawasan Taluak Buo.

"Seperti yang telah kami catat selama ini, anak-anak Taluak Buo memiliki kendala yang cukup pelik terkait dengan akses pendidikan. Kami tidak ingin hal ini kemudian meredupkan jiwa nasionalisme mereka. Mereka harus punya jiwa juang seperti halnya pahlawan kita dahulu," kata pria yang akrab disapa Abang Adek ini.

baca juga: Tempuh 14 Kilometer dengan Satu Roda, Bocah 12 Tahun di Pessel Terpilih Sebagai Pesepeda Terunik

Yulvialdi menambahkan, berbagai kegiatan sebelumnya sudah dilaksanakan dan mendapat respon yang luar biasa baik dari masyarakat. "Kita berharap kegiatan ini semakin melekatkan hubungan kami dengan masyarakat Taluak Buo. Kami ingin menjadikan kawasan Taluak Buo tidak hanya sebagai kawasan wisata tetapi juga sentra pembinaan bagi anak-anak muda yang dapat dicontoh oleh daerah lain di Sumatera Barat ini," katanya.

Sejalan dengan itu, penggerak Komunitas Kupi Batigo Kapten Moed mengatakan, proses upacara akan berjalan sebagaimana formalnya upacara bendera. "Laut Taluak Buo tidak begitu dalam, dan kita berharap cuaca mendukung ketika di hari H," sebutnya.

baca juga: Mahasiswi Indonesia di Swiss Luncurkan Aplikasi Batik Digital

Kedalaman laut yang hanya sebatas lutut orang dewasa diharapkan dapat lebih menyusut pada detik-detik kemerdekaan sehingga tidak menjadi halangan bagi anak-anak untuk turut lebur di dalam upacara. "Di tengah laut nanti kita dirikan tiang bendera dan mungkin kita juga akan tambahkan sejumlah kegiatan lain dalam memeriahkan kemerdekaan," katanya.

Sukun, pembina bidang musik di Taluak Buo mengharapkan pada penyelenggaraan nantinya, anak binaannya telah dapat ditampilkan. "Kita tengah latihan ekstra saat ini. Semoga apa yang mungkin ditampilkan dapat kita tampilkan nantinya," katanya.

baca juga: MPC PP Kota Padang Panjang Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan Peringati Hari Kemerdekaan

Taluak Buo sendiri merupakan kawasan eksotis dengan jumlah penghuni yang tidak begitu banyak. Kawasan ini dilirik sebagai lokasi project pembinaan anak-anak oleh komunitas Kupi Batigo, dan sudah mendapat dukungan dari Pemko Padang. (rilis)

Editor: Muhammad Haikal