Begini Cara Membuat Camilan Susu Goreng untuk Si Kecil

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Setiap akhir pekan datang, Anda tentu akan banyak menghabiskan waktu dengan bersantai bersama keluarga, kan? Ketika bersantai, paling nikmat memang jika ditemani dengan camilan lezat.

Dibandingkan mesti membeli camilan dari luar, alangkah baiknya Anda membuat makanan sendiri di rumah untuk si kecil dan anggota keluarga lainnya.

baca juga: Jadikan Kopi Asli Daerah Menu Utama, Coffee Shop Ini Hadir Bernuansa Klasik di Solsel

Selain terjamin higienis, cita rasa dari camilan yang dimasak sendiri tentunya bisa lebih disesuaikan dengan selera Anda dan buah hati tercinta.

Salah satu camilan untuk si kecil yang bisa Anda coba di rumah adalah susu goreng.

baca juga: Turunkan Risiko Serangan Jantung, Ini 2 Saran Gaya Hidup Sehat Bagi Anda

Terdengar unik, camilan ini dijamin bisa membikin buah hati Anda ketagihan dan betah di rumah menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Nah, berikut cara membuat camilan susu goreng nikmat dan mudah dari laman Cookpad.

baca juga: FoodStartup Indonesia MMXX Jaring 1.000 Pelaku Kuliner Ikuti Seleksi Inkubasi

Bahan membuat susu goreng:

2 sachet susu bubuk putih

baca juga: Sushi Rock n Roll, Tempat Asik Nongkrong Buat Ngopi dan Santap Makanan Khas Jepang

500 ml air

150 gram tepung maizena

5 sendok makan gula pasir

1/2 snedok teh vani

Bahan untuk kulit:

100 gram tepung terigu

2 sendok makan gula pasir

1 sendok makan minyak sayur

600 ml air

1 sendok teh baking powder

Bahan tambahan:

250 gram tepung panir

500 ml minyak goreng

  1. Pertama-tama, siapkan seluruh bahan, lalu seduh susu bubuk dengan menggunakan 400 ml air, setelah itu larutkan maizena di ke dalam 100 ml air, lalu masukkan ke dalam panci.
  2. Setelah dimasukkan panci, tuang gula pasir, lalu aduk adonan hingga merata.
  3. Langkah berikutnya, nyalakan kompor, lalu masak adonan susu beserta maizena. Setelah diaduk hingga teksturnya kental, masukkan vanili, lalu aduk kembali hingga merata.
  4. Selanjutnya, basahi wadah yang bakal digunakan dengan 1 sendok teh air, tuang adonan dari panci ke dalam tempat tersebut, lalu ratakan menggunakan spatula. Tutup wadah saat uap panas sudah habis, lalu dinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam.
  5. Sembari menunggu adonan dingin di dalam kulkas, Anda bisa mulai membikin kulit susu goreng. Caranya, masukkan tepung terigu, gula, baking powder ke dalam wadah.
  6. Setelah itu, masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam wadah lalu aduk hingga merata. Usahakan jangan sampai tekstur adonan mengental atau terlalu cair.
  7. Jika sudah 2 jam, keluarkan adonan susu tadi, taburi bagian atasnya dengan sedikit tepung maizena, lalu potong perlahan.
  8. Langkah berikutnya, gulingkan susu pada tepung maizena dengan cara ditepuk perlahan lalu masukkan ke dalam adonan kulit. Setelahnya, baluri adonan tadi dengan menggunakan tepung panir.
  9. Panaskan minyak, lalu goreng adonan tadi sampai matang dan warnanya kuning kecokelatan. Setelah matang sempurna, angkat, tiriskan, kemudian hidangkan selagi hangat.

Nah, itulah cara membuat camilan susu goreng untuk si kecil. Selamat mencoba di rumah, ya!

Editor: Eko Fajri