TCOSS Milenial Berharap Teh Solok Selatan Bisa Dicintai Masyarakat Indonesia

TCOSS Solsel Foto bersama usai Demo penyeduhan teh di Padang aro
TCOSS Solsel Foto bersama usai Demo penyeduhan teh di Padang aro (Kaka)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19, Puluhan Milenial Pecinta Teh Solok Selatan yang tergabung dalam Tea Comunity of Sout Solok (TCOSS) berkumpul untuk mengenal lebih dekat produk teh Solok Selatan .

Penggagas TCOSS Penggagas Safira Aisha Majid dan Igo Octavian yang keduanya merupakan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan pihaknya bertekad agar produk teh Solok Selatan bisa dicintai oleh Rakyat Indonesia secara umum dan khususnya masyarakat Sumatera Barat atau Solok Selatan .

baca juga: Untuk ASN dan Pejabat selama Pilkada, Jasman: Kalau Tidak Netral, Maaf Saya Tidak Bisa Menolong

Menurut Igo masyarakat harus diedukasi terkait apa saja produk teh terbaik Solok Selatan , bagaimana cara menyeduh dan cara menikmatinya serta apa manfaat dari teh tersebut.

"Berbeda produk teh, berbeda cata penyajiannya, berbeda cara menikmatinya dan berbeda pula manfaatnya," kata Igo.

baca juga: Sekolah Tatap Muka di Solsel Ditiadakan, Pelajar yang Belum Dapat Kuota Internet Gratis Diminta Melapor

Saat ini katanya, pihaknya tengah berkolaborasi dengan PT Mitra Kerinci untuk Produk teh hijau dengan brand Claretta.

"Apa itu teh hijau Claretta, nanti akan kami perkenalkan saat launching produk tersebut," katanya.

baca juga: Jasman : Jadi Pejabat Di Solsel Harus Tinggal dan Menetap, Kalau Tidak Mundur Saja

Pihaknya berharap pihak PT Mitra kerinci lebih membuka diri, sehingga produk teh unggulan bukan hanya untuk ekspor tetapi juga bisa dinikmati masyarakat lokal.

"Harapannya PT Mitra Kerinci bisa membuat kemasan produk teh berkualitas dengan harga terjangkau oleh kelompok masyarakat ekonomi menengah kebawah," katanya.

baca juga: Dua Pejabat Terkomfirmasi Positif COVID-19, Hari Ini 55 Pegawai di Pemkab Solok Jalani Swab

Dari pihak PT Mitra Kerinci Divisi Ritel Doris Susilawati mengatakan Produk dasar perusahaan tersebut berupa Teh hitam (Black tea), teh hijau (Green tea) dan Teh putih (White tea).

"Tiga produk tersebut, adalah produk dasar kami, setelah itu baru ada blend, perpaduan rasa yang melahirkan produk turunan seperti Jasmine green tea yang saat ini cukup digemari," katanya.

Saat ini imbuhnya, untuk lebih memasyarakatkan produk teh di tingkat lokal Solok Selatan , berbagai jenis produk teh PT. Mitra Kerinci juga sudah bisa didapatkan di setiap mini market di daerah itu.

"Tidak semua kita ekspor untuk pasar dalam negeri juga kita isi, dan sekarang juga bisa didapatkan di mini market, rumah makan serta cafe di Solok Selatan dan Sumatera Barat," katanya.

Selain itu pihaknya juga membuka peluang bagi siapa saja untuk bekerja sama dalam pemasaran produk teh liki produksi PT Mitra Kerinci.

Kalau untuk produk yang lebih lengkap katanya,bisa didapatkan di Cafe Liki Tea di Gerbang masuk PT Mitra Kerinci.

"Ayo ke Solok Selatan menikmati teh di pagi hari dengan suguhan hamparan perkebunan teh dengan latar belakang Gunung Kerinci," katanya.

Sementara itu Duta petani teladan Indonesia Attila madjidi mengungkapkan mengenalkan produk teh Solok Selatan menjadi sebuah tantangan baginya setelah mengenal Kopi Solok Selatan .

"Ini tantangan, kebetulan salah satu Penggagas TCOSS adalah putri kandung saya, saya akan support penuh niat mereka untuk memasyarakatkan teh, karena memang produk teh Solok Selatan salah satu yang terbaik di Indonesia bahkan Dunia," katanya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Haswandi