Dekan Fakultas Pariwisata UMSB : Tak Ada Lulusan Kita yang Menganggur

Masta Mahasiswa Baru Fakultas Pariwisata UMSB
Masta Mahasiswa Baru Fakultas Pariwisata UMSB (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF --Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ( UMSB ) menggelar Masa Taaruf (Masta) bagi mahasiswa baru.

Dekan Fakultas Pariwisata UMSB Moch Abdi mengatakan, Masta merupakan kegiatan tahunan bagi mahasiswa baru.

baca juga: Tahun Depan, UMSB akan Bangun Kampus Baru di Pasaman

"Masta bertujuan mengenalkan kegiatan akademik, kelembagaan, kurikulum dan proses belajar-mengajar. Karena masih pandemi, tentu harus kita sosialisasikan bagaimana kuliah daring," sebut Abdi, Selasa 20 Oktober 2020.

Ia mengatakan, ada 58 mahasiswa baru yang ikut Masta. Mahasiswa ini nantinya akan terbagi lewat 2 prodi yakni Usaha Perjalanan Wisata dan Perhotelan.

baca juga: Momen Milad ke-65, UMSB Jalin Kerja Sama dengan Sejumlah Media

"Kita juga mengenalkan kepada mahasiswa Mitra kita di dunia pariwisata seperti asosiasi dengan tujuan memberikan pencerahan kalau dunia pariwisata itu punya banyak dimensi dan latar belakangnya," sambungnya.

Fakultas Pariwisata, jenjangnya Diploma IV. Dalam metodenya, 40 persen mahasiswa akan menerima pembelajaran teori, 60 persennya praktek. Hal ini, kata Abdi, membuat mahasiswa memiliki standar kompetisi tingkat nasional.

baca juga: Puncak Milad UMSB ke-65 Dipusatkan di Kampus III Bukittinggi

"10 tahun usia Fakultas Pariwisata, kita lihat di data, 100 persen lulusan kita tak ada yang tak bekerja. Ini fakta. Lulusan kita ada yang jadi ASN, praktisi, pelaku atau pekerja pariwisata," pungkasnya.

Fakultas Pariwisata baru-baru ini melambung namanya setelah berhasil mengorbitkan kampung "Sarugo" yang terletak di Jorong Sungai Dodok, Nagari Koto Tinggi, Kabupaten Limapuluh Kota menjadi salah satu nominator dalam Anugerah Pesona Indonesia (2020) kategori kampung adat terpopuler.

baca juga: Tersangka Kasus Penganiayaan Anggota TNI oleh Klub Moge Bertambah Jadi 5 Orang

Tentunya, dengan kehadiran 58 mahasiswa baru, Fakultas Pariwisata akan lebih bisa menggali potensi wisata di Sumatera Barat terutama dari segi SDM.

Editor: Hatta Rizal