Ini Inspirasi Libur Panjang di Rumah Aja yang Bisa Kamu Lakukan

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)

KLIKPOSITIF - Waktu libur bagi kebanyakan orang tentu dimanfaatkan untuk rehat dari aktivitas harian dengan berbagai cara. Sebelum ada wabah virus corona, kita punya banyak pilihan untuk mengisi liburan. Entah pergi ke gunung, pantai, museum, atau berbagai lokasi wisata di kota bahkan negara lain.

Beberapa juga memanfaatkannya dengan berkumpul bersama keluarga, teman, pasangan atau bahkan solo traveling. Tetapi sejak pandemi Covid-19, keluar rumah seakan menjadi satu aktivitas rawan terinfeksi virus. Alhasil pilihan liburan aman cukup dilakukan di dalam rumah.

baca juga: Purui: Antara Pariwisata, Pandemi dan Perubahan Iklim

Meski demikian, bukan berarti tak mungkin liburan hanya di rumah. Suara.com meminta tanggapan kepada sepuluh orang mengenai cara liburan di rumah aja. Siapa tahu bisa jadi inspirasi Anda juga untuk mengisi libur panjang pekan depan.

Tatang, 30, karyawan swasta, Jakarta

baca juga: Mau Libur Nyaman, Persiapkan Dulu Hal Ini

Libur panjang biasanya lebih banyak outing keluar seperti naik gunung atau ke pantai, tapi karena sudah berkeluarga dan memiliki anak, apalagi pandemi, jadi banyakin waktu di rumah. Belajar berkomunikasi dengan anak (11 bulan) karena lagi aktif-aktifnya. Salah satunya membacakan dongeng, memperlihatkan gambar-gambar binatang, dan kisah-kisah tauladan lainnya.

Erlina, 25, Ibu rumah tangga, Depok

baca juga: Pantai-pantai Tersembunyi di Bali Ini Tawarkan Pesona Eksotis

Karena mertua mempunyai kebun, jadi senang main di sana. Ada ayam, bebek, ikan lalu ditanam pohon misalnya pepaya, cabe, pohon pisang. Kalau sudah panen, senang metik di sana. Karena anak aku suka binatang, jadi anteng kalau main di kebun

Bram, 28, Pegawai Swasta, Surabaya

baca juga: Liburan di Tengah Pandemi? Ini 5 Tips Amannya

Kalo aku senang youtube-an, download anime, editing video, olahraga kecil kaya pushup, sit up

Putri, 28, Freelancer, Magelang

Sekarang karena aku merantau, libur panjang aku manfaatin buat keluarga. Jadi kalau pandemi gini gak ada masalah di rumah terus. Kalau gak bisa keluar rumah yang bisa dilakukan banyak banget. Mempelajari hal-hal baru yang gak bisa kita oelajari diwaktu sibuk. Contoh, belajar coreldraw, belajar editing, improve skill pokoknya. Berkebun, pokoknya menjalan hobi kita yang bisa dilakukan di rumah.

Safarianshah, 25, Penulis, Jakarta

Duduk dan nonton tingkah lucu dan serampangan para penguasa sambil mengabadikannya melalui tulisan.

Nani, 31, karyawan swasta, Bekasi

Main sama hobi yang aku punya. Misalnya, aku punya kucing, jadi main sama kucing, suka bikin mainan kucing, kalau engga bikin pouch.

Della, 25, Guru, Malang

Sejak punya anak, waktu libur dimanfaatkan buat main sama anak karena usia anak baru empat bulan. Jadi aku aja main pakai boneka jari. Bermain dengan bayi pakai boneka jari bisa meningkatkan kemampuan mendengarnya, kemampuan melihat, juga melatih indera peraba dia.

Editor: Fitria Marlina