Dukung Pembukaan Objek Wisata Baru, Dinas Parpora Tanah Datar Harapkan Hal Ini

Pengunjung sedang mengabadikan keindahan air terjun Burai Pakiah Na'ali Nagari Sabu
Pengunjung sedang mengabadikan keindahan air terjun Burai Pakiah Na'ali Nagari Sabu (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Dinas Pariwisata , Pemuda dan Olahraga Tanah Datar mendukung masyarakat yang membuka dan mengelola destinasi wisata baru.

"Bidang pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Saat ini sudah ada 12 destinasi wisata unggulan seperti Air Terjun Lembah Anai, Nagari Tuo Pariangan dan Istano Basa Pagaruyung," ucap Kepala Dinas Parpora Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Senin 26 Oktober 2020.

baca juga: Tanah Datar Sudah Kirim 5.939 Sampel, 557 Orang Terkonfirmasi Positif COVID-19

Ia menyebut dengan adanya pembukaan objek wisata baru seperti air terjun Burai Pakiah Na'ali di Nagari Sabu, Kecamatan Batipuh semakin menambah kekayaan potensi wisata di daerah Tanah Datar .

Abdul menyampaikan dalam mengelola pariwisata menjadi hal yang tidak mudah, karena dibutuhkan kerja keras, kerja sama, dukungan dan komitmen semua pihak terkait.

baca juga: Begini Cara EL, Perempuan yang Diamankan Pihak Kepolisian Padang Tipu Korbannya

"Kita berharap, destinasi baru ini tidak hanya sampai pada pembukaan saja, namun harus ada kelanjutan perencanaan yang matang," tutur Abdul.

Selanjutnya, pengelola objek wisata harus merancang fasilitas pendukung bagi wisatawan seperti sarana transportasi, toilet, pesanggrahan dan lainnya.

baca juga: Modus Bisa Loloskan Warga Jadi PNS, Seorang Perempuan diamankan Pihak Kepolisian Padang

Sementara itu, Wali Nagari Sabu Omrizal Datuk Sadano menyampaikan pembukaan objek wisata Burai Pakiah Na'ali ini berkat kegigihan berbagai unsur lapisan masyarakat, baik pemuda, ninik mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat serta dukungan perantau.

"Adanya destinasi Burai Pakiah Na'ali ini bisa menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Nagari Sabu. Semoga semakin memperkenalkan Nagari Sabu ke masyarakat luas," tutur Omrizal. (*)

baca juga: Kereta Api Tabrak Mobil di Pariaman, Warga dan Plt Walikota Pariaman Sebut Diluar Jadwal Biasa Serta Tidak ada Penjaga Perlintasan

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri