Berwisata di Masa Pandemi, Tetap Aman dan Jalankan Protokol Kesehatan

Warga berwisata di kawasan pantai Padang dengan saling menjaga jarak.
Warga berwisata di kawasan pantai Padang dengan saling menjaga jarak. (KLIKPOSITIF/Ramadhani)

PADANG, KLIKPOSITIF - Berwisata di masa pandemi tentunya tidak boleh sembarang tempat wisata saja. Harus melihat lokasi mana yang lebih aman dari penularan Covid-19.

Beberapa tips untuk menentukan lokasi wisata yang lebih aman dari Covid-19 bisa dilakukan. Tujuannya tentu agar terhindar dari penularan virus Covid-19. "Tips untuk berwisata aman dari Covid-19 sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang pertama kita harus melihat apakah lokasi wisata itu menjalankan protokol Covid-19 atau tidak," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian.

baca juga: SE Larangan Pernikahan Masih Belum Dicabut

Menurutnya, jika tempat wisata itu melakukan protokol Covid-19 dengan baik, tentunya penularan virus tersebut bisa diminimalisir. "Tips yang kedua, jangan melakukan kontak dengan orang lain di lokasi wisata . Terutama kepada orang yang tidak dikenal," lanjutnya.

Selain itu, agar aman dari penularan virus Covid-19, ia menyarankan agar wisatawan selalu menggunakan masker dan menjaga jarak saat berada di lokasi wisata . Dengan begitu, menurutnya saat berwisata di manapun akan minim kesempatan untuk tertular virus Corona yang saat ini semakin mengkhawatirkan.

baca juga: Mematikan, Peneliti: Virus Chapare yang Mirip Ebola Menular Lewat Cairan Tubuh

Di Kota Padang sendiri, menurutnya ada dua destinasi yang aman dari Covid-19, karena telah melakukan protokol Covid-19. "Kalau lokasi wisata yang melakukan protokol Covid-19 di Kota Padang ini adalah Pantai Air Manis dan Gunung Padang," lanjutnya.

Untuk destinasi wisata lainnya, menurutnya masih susah untuk melaksanakan protokol Covid-19. Pasalnya, lokasi itu berada di kawasan jalan utama.

baca juga: Kemensos Perbarui Data, Muncul Nama Penerima Bansos Baru

Editor: Ramadhani