Situ Koffie, Coffe Shop dengan Konsep Gedung Tua di Flamboyan Padang

Situ Koffie
Situ Koffie (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kabar baik datang bagi para pecinta kopi dan suka nongkrong di Kota Padang . Tempatnya bernama Situ Koffie, sebuah coffee shop yang mengusung konsep gedung tua dan ditambah dengan suasana santai.

Situ Koffie berlokasi di jalan Flamboyan, Kelurahan Flamboyan, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang . Situ Koffie resmi hadir dengan menawarkan promo menarik pada hari pertama, salah satunya minum kopi cukup bayar dengan doa.

baca juga: Pandemi Belum Berakhir, Target Penerimaan PBB di Padang Bertambah Rp96 Miliar

"Konsumen cukup baca doa di kasir. Pada saat launching ini kami sengaja mengambil konsep ini. Kami pengen usaha kami berkah berkat doa konsumen," kata Arta Naluriza, Jumat (27/11/2020).

Situ Koffie memanfaatkan sebuah gedung tua yang diperkirakan berusia 30 tahun. Arta sengaja tak mengubah desain bangunan yang masih berdiri kokoh tersebut.

baca juga: Hormati Kearifan Lokal, PGI Harap Masalah Jilbab di SMKN 2 Padang Tidak Perlu Sampai ke Ranah Hukum

Hanya saja, di dalamnya bangunan ditambah dengan dekorasi yang menarik dan modern. Begitupun di bagian luar dihiasi lampu menambah suasana kongkow bersama doi atau teman semakin nyaman.

Di sini juga disediakan live musik setiap Jumat sampai Minggu. Meskipun hadir di saat pandemi, namun Situ Koffie tetap menerapkan protokol kesehatan dalam penanganan covid-19. Para karyawan dan konsumen wajib menggunakan masker.

baca juga: Penagih Pajak Tak Kesulitan Temui Masyarakat Saat Pandemi, Penerimaan PBB di Padang Meningkat

Arta mengungkapkan pihaknya juga mengatur jarak saat konsumen nongkrong. Begitupun menyediakan tempat pencuci tangan di pintu masuk yang difasilitasi untuk konsumen yang hendak masuk ke dalam bangunan.

Nama "situ" diambil Arta merupakan bahasa universal dari bahasa Minang yang artinya sana. Sehingga, nama tersebut bisa melekat oleh para konsumen pecinta kopi di Kota Padang .

baca juga: Perumdam Kota Padang Targetkan 8.000 Pelanggan Baru Tahun Ini

"Situ itu istilahnya tujuan, semua orang mau ke situ (sana), universal bahasa Minang. Situ koffie. Saat ini alhamdulilah kami sudah memiliki delapan karyawan," ujarnya.

Menu yang ditawarkan oleh Situ Koffie sendiri diantaranya Iced Kopi Susu Situ, Iced Chocolate, Iced Lemon Tea, dan Blue Lychee. Harga berkisar antara Rp 18 ribu sampai Rp 25 ribu per cup.

"Sementara untuk makanan kami baru fokus pada varian menu kopi. Namun saat ini menu makanan yang tersedia diantaranya rice bowl dan roti Tenong.

Lebih lanjut Arta mengatakan, Situ Koffie mulai buka dari pukul 11.00 WIB sampai 23.00 WIB malam untuk weekdays. Sementara untuk weekend, Situ Koffie buka dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB.

Situ Koffie sengaja tidak memberikan layanan WiFi gratis lantaran ingin membuat para konsumen yang nongkrong di Situ Koffie saling bercengkrama tanpa sibuk dengan gadget masing-masing.

Editor: Muhammad Haikal