Masuk 3 Besar, Warga Kampung Sarugo Galang Donasi untuk Beli Pulsa

Kawasan Kampung Saribu Gonjong di Lima Puluh Kota
Kawasan Kampung Saribu Gonjong di Lima Puluh Kota (Ferdinand Almi)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Peringkat Kampung Saribu Gonjong (SARUGO) kembali naik ke peringkat 3 perolehan sementara pada polling Anugerah Pesona Indonesia Award 2020 sebagai Kampung Adat Terpopuler.

Menurut informasi, Kampung Sarugo kini bertengger diposisi ketiga dengan jumlah polling 1.743 (Data Sabtu, 26 Desember 2020).

baca juga: Kembali Terlibat Narkoba, Polres 50 Kota Tangkap Residivis Asal Padang

Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Moch Abdi didampingi Kasi Promosi Disparpora Lima Puluh Kota Novi Rita mengatakan sebelumnya Kampung Sarugo sempat turun ke posisi empat. Namun pihaknya terus melakukan strategi untuk meningkatkan polling hingga batas akhir di 31 Desember 2020 mendatang.

"Saat ini kami terus menggalang dukungan dari berbagai pihak baik itu pemerintah, komunitas, pelaku pariwisata, akademisi, media, dan stakeholder lainnya. Berharap nantinya dapat memberikan dampak positif bagi Kampung Sarugo yang kini mengikuti API Awards 2020," katanya.

baca juga: Kasus Stunting Dinilai Masih Tinggi di Lima Puluh Kota, Ini Langkah Pemkab

Sementara itu, meskipun kini sudah berada di posisi ketiga, Wali Jorong Sungai Dadok Handrisman menjelaskan pihaknya terus berupaya mendukung polling SMS Kampung Sarugo . Salah satunya dengan menggalang donasi yang telah dimulai sejak Jumat 25 Desember 2020.

"Kami menggalang donasi yang hasilnya dibelikan pulsa dan langsung dikirimkan untuk SMS dengan cara ketik API (spasi) 13D kirim ke 99386 dan like postingan instagram @apiaward kategori Kampung Adat Terpopuler yaitu Kampung Sarugo - Kab. Lima Puluh Kota ," ujar Handrisman saat dihubungi KLIKPOSITIF , Minggu 27 Desember 2020.

baca juga: Dijaga Ketat, 2.520 Vaksin Jenis Sinovac Sampai di Lima Puluh Kota

Ia menambahkan hingga saat ini donasi telah terkumpul sekitar Rp2jutaan dan berharap usaha tersebut dapat menaikkan polling SMS Kampung Sarugo . Kemudian berdasarkan update Sabtu 26 Desember 2020 lalu, posisi pertama diraih oleh Desa Namata (3.143) yang disusul Pelang Kenidai (2.069), dan Kampung Sarugo (1.743).

Selain itu, posisi keempat ada Rantau Panjang (1.115), Karuaya (776), Desa Pampang (768), Cipta Gelar (735), Desa Satualang (203), Gumantar (164), dan Rumah Betong (125).

baca juga: Sekda Lima Puluh Kota Apresiasi Pelaksanaan Prokes di Tingkat Sekolah Dasar

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera