Danau Indah Parik, Objek Wisata Baru di Pasbar

Danau Indah Parik yang terletak di Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat
Danau Indah Parik yang terletak di Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Pasaman Barat adalah salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki gunung, perbukitan, sungai, danau dan laut. Daerah ini kaya objek wisata alam yang patut dikunjungi wisatawan.

Selain memiliki gunung tertinggi di Sumatera Barat yakni Gunung Talamau dan memiliki hamparan pantai yang langsung berhadapan dengan laut Samudera Hindia, daerah ini juga memiliki danau yang layak dikunjungi.

baca juga: 70 Persen Kepala Keluarga di Pasbar Telah Terima Bantuan COVID-19 pada 2020

Danau itu bernama Danau Indah Parik, yang terletak di Kecamatan Koto Balingka. Danau cukup luas. Danau ini juga memiliki air yang jernih dan memiliki beragam spesies ikan biota air tawar.

Untuk sampai ke lokasi danau tersebut para wisatawan dengan mudah menuju ke objek wisata alam ini. Akses jalan ke Nagari Parit cukup memakan waktu sekitar 30 menit dari Bundaran Simpang Empat.

baca juga: Pasangan HamRis Ditetapkan Pemenang Pilkada Pasbar, Ini Kata Bupati Yulianto

Di danau ini juga, wisatawan akan disajikan pemandangan yang luar biasa dengan sejuknya udara. Sebab di sekitar danau dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit.

Namun untuk pengunjung disarankan untuk membawa bekal jika hendak berlama-lama menikmati pemandangan alam di danau indah, sebab tak ada pedagang yang berjualan. Selain itu di lokasi objek wisata ini belum ada sarana ibadah dan sarana lainnya.

baca juga: Diangkat Jadi Wakil Ketua MPW Propinsi di PKS, Hamsuardi: Selama Ini Saya Hanya Diusung

Menurut Sekretaris Pemerintahan Nagari Parit, Syaiful Syukri, Danau Indah mempunyai potensi dan sangat pantas untuk dikembangkan yang nantinya bisa berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

"Danau ini memang mempunyai potensi untuk dikelola. Tahun depan kemungkinan dana alokasi nagari akan kita arahkan untuk mengembangkan objek wisata alam ini," katanya.

baca juga: Memasak Apam, Tradisi Warga Pasaman Barat Menyambut Bulan Rajab

"Namun tentu harus dikaji dan sesuai kajian melalui musyawarah dengan badan musyawarah (Bamus) nagari," sambungnya.

Ia juga menyebut, apabila objek wisata danau indah dikelola dengan baik serta difasilitasi dengan sarana dan prasarana bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pasaman Barat dan nagari.

"Besar harapan kita objek wisata ini menjadi perhatian pemerintah kedepannya. Selain objek wisata pantai dan gunung, objek wisata danau ini bisa menarik perhatian wisatawan," harapnya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera