PBB: 2020 Tahun Terburuk dalam Sejarah Pariwisata, Bagaimana Tahun Ini?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Setelah pandemi virus corona, pariwisata global mengalami tahun terburuknya pada tahun 2020, dengan kedatangan wisatawan internasional turun 74% dibandingkan tahun 2019.

Dilansir dari VOA Indonesia, Menurut Organisasi Pariwisata Dunia yang berada di bawah payung Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO), penurunan itu berarti berkurangnya pendapatan $ 1,3 triliun, atau 11 kali penurunan yang disebabkan oleh krisis ekonomi 2009.

baca juga: Kemenperin Percepat Target 6,1 Juta UMKM Go Digital

PBB mengatakan penurunan pariwisata global telah mengakibatkan risiko hilangnya antara 100 juta hingga 120 juta pekerjaan dalam bidang pariwisata .

Prospek pemulihan pariwisata masih suram.

baca juga: WHO Sebut Varian Corona Ini yang Terkuat, Sudah Ada di Indonesia

Semua kawasan dunia mengalami penurunan pariwisata , dengan Asia dan Pasifik berada di garis depan dengan penurunan 84%. Timur Tengah dan Afrika mengalami penurunan 75%. Eropa menurun 70%, dan Amerika mengalami penurunan 69%.

Menurut PBB , 45% dari panel ahlinya memprediksi tahun yang lebih baik pada 2021, sementara 25% di antara mereka mengatakan 2021 akan hampir sama, dan 30% mengatakan 2021 akan lebih buruk.

baca juga: Tiga Venue Tambahan Pendukung PON XX Papua Selesai Akhir Juli 2021

"Ke depan, sebagian besar ahli tidak melihat pariwisata akan kembali ke tingkat pra-pandemi sebelum 2023," tulis PBB dalam rilis beritanya.

Sumber: voaindonesia.com

baca juga: Merugikan, Garuda Tutup Sejumlah Rute Internasional

Editor: Eko Fajri