Baru di Agam, Wisata River Tubing Mulai Dibuka di Palupuah

Wisata river tubing di Agam
Wisata river tubing di Agam (Screenshot)

AGAM , KLIKPOSITIF - Satu lagi destinasi wisata baru yang dibuka di Agam , yaitu River Tubing . Lokasinya berada di kawasan Sungai Tusiang, Nagari Pasia Laweh Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam - Sumbar.

River Tubing merupakan wisata air dengan cara menyusuri sungai menggunakan benen atau karet ban. Berbeda dengan arung jeram yang bersama-sama naik perahu karet menyusuri sungai, tubing dilakukan secara perorangan. ( klik di sini untuk lihat videonya )

baca juga: Update COVID-19 Agam: 1 Orang Terkonfirmasi, 1 Sembuh

Menurut Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Murai Batu Batua Nagari Pasia Laweh Palupuah , Mahyudanil, wisata river tubing ini baru ada semenjak pandemi melanda dan diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wajib yang dikunjungi wisatawan.

"Sebenarnya olahraga tubing ini sudah lama digiatkan oleh pemuda, Cuma baru di eksplore ke luar ketika masa pandemi," ulas Mahyudanil.

baca juga: Pembangunan Replika Surau Tuo di Lezatta Sudah Rampung, Anak-anak Bisa Belajar Tahfiz dengan Gratis

Menariknya, selain suguhan wisata air, ada satu tanaman khas yang tumbuh di pulau kecil bernama Pulau Dado Ayam di kawasan Sungai Tusiang tersebut. Tumbuhan itu memiliki buah yang bisa di makan.

Bagi warga setempat, buah tersebut dinamakan buah Puah yang memiliki rasa nano-nano, ada rasa asin, masam dan manis. Bagi pengunjung yang penasaran, bisa mencicipi buah tersebut.

baca juga: Pemkab Agam Bantu Puluhan Mahasiswa Lanjutkan Pendidikan ke Timur Tengah

Menurut Mahyudanil, untuk di kawasan Palupuah , tumbuhan itu hanya tumbuh di Pulau Dado Ayam dan tidak ditemui di tempat lainnya.

Tak hanya itu, ternyata lokasi ini juga memiliki nilai historis. Konon perbukitan yang diberi nama perbukitan AC ini memiliki sejarah pada zaman penjajahan. Ini semakin melengkapi kawasan Tussing menuju destinasi favorit.

baca juga: Hari Ini 3 Orang Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 Agam Tersisa 25 Orang

Rencananya kawasan ini akan dikembangkan lebih lanjut, sehingga bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung selama berekreasi atau menikmati liburan di tempat ini.

Editor: Haswandi