Ingin Jadikan Air Terjun Talago Indah Sebagai Destinasi Wisata, Ini Langkah Wali Nagari Paninjauan

Walinagari Paninjauan (pakai topi), Tinjau lokasi
Walinagari Paninjauan (pakai topi), Tinjau lokasi (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -Walinagari Paninjuan, Kabupaten Agam Tomi Candra Putra, mengatakan dalam tahun ini pihaknya akan membenahi destinasi wisata Air Terjun Talago Indah dengan anggaran sekitar seratus juta rupiah.

"Di Nagari Paninjauan potensi destinasi wisata sangat banyak yang bisa di kelola. Seperti Wisata Perikanan, Air Terjun , beragam jenis Raflesia, pemandangan puncak, dan wisata perairan lainnya," ungkap Tomi Candra Putra, di kantornya pada Kamis 4 Maret 2021.

baca juga: Bahas Pariwisata, Andre Rosiade Ajak 11 Kepala Daerah di Sumbar Temui Sandiaga Uno

Ia menambahkan, saat ini pihaknya akan berupaya membuat atau mempercantik lokasi Air Terjun Talago Indah yang berada di Jorong Paninjauan.

"Awal mula pengembangan objek wisata Air Terjun Talago Indah ini berawal ketika saya pergi studi objek wisata di Nyarai, Lubuak Aluang. Ternyata hal serupa juga ada di Nagari Paninjauan. Maka pihak Dinas Pariwisata mendukung untuk pengembangan objek wisata Talago Indah," jelasnya.

baca juga: Rencana Bangun Jalan Layang di Sitinjau Lauik, Bappenas: Pendanaan Bisa dari SBSN

Walinagari itu mengatakan, pada 23 November 2020, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sarasah ( Air Terjun ) Talago Indah Nagari Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya.

"Kami bersama warga telah meninjau lokasi yang akan diperbaiki. Kami sudah gotong royong juga di sana. Bahkan pihak Dinas Wisata juga sudah mengunjungi lokasi," kata Tomi.

baca juga: Dukung Program Kelautan dan Nelayan, Ini Komitmen Bupati Pessel dengan Danlantamal II Padang

Dikatakan Tomi, lokasi Talago Indah itu akan dibangun kolam renang untuk anak-anak dan juga sarana pendukung lainnya seperti tempat ganti pakaian dan toilet umum.

"Untuk mencapai titik air terjun tersebut kita akan membangun tiga posko. Pertama posko di Pasar untuk parkir kendaraan pengunjung wisata, posko ke dua ada di pertengahan jalan dan posko ke tiga ada di pendakian yang menyuguhkan pandangan alam begitu indah," sebut Tomi Candra Putra.

baca juga: Bupati Pessel Minta Distanhorbun Lebih Gesit Cari Bantuan Alat Pertanian dari Pemerintah Pusat

Menurut Tomi, wisata Air Terjun Talago Indah akan mampu menarik wisatawan dengan kapasitas ratusan orang.

"Dengan begitu, saya berharap, destinasi wisata Air Terjun Talago Indah, mampu menjadi lokomotif yang menggerakkan gerbong-gerbong perekonomian warga di Nagari Paninjauan," jelas Tomi.

Dikatakannya, kesuksesan pembangunan objek wisata tersebut tidak akan terwujud jika tidak ada dukungan dari warga setempat dan pihak terkait lainnya.

"Daripada itu saya berharap kepada warga Paninjauan untuk turut serta mendukung pembangunan objek wisata di nagari kita ini. Gunanya untuk untuk kita bersama juga. Dari masyaratak untuk masyaratak," jelas Walinagari Paninjauan, Tomi Candra Putra.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri