Pertengahan Tahun Ini Thailand Bolehkan Turis Asing ke Phuket, Ini Syaratnya

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Vaksinasi memang jadi harapan baru menyudahi pandemi Covid-19, meski kasus infeksi baru masih terus terjadi di dunia. Data Worldometers, Sabtu (3/4/2021) menunjukkan sudah ada sebanyak 120,8 juta warga dunia yang terinfeksi.

Dari data tersebut sudah ada 105,3 juta orang yang dinyatakan sembuh. Namun sayangnya 2,8 juta masyarakat dunia sudah meninggal dunia akibat infeksi Covid-19.

baca juga: Wagub Sebut Kunjungan Pariwisata Sumbar Ternyata Perantau Pulang Kampung: Pemasaran Harus Diperluas

Kini tersisa sebanyak 22,6 juta orang yang masih berstatus positif Covid-19, dimana 99,6 persen dalam kondisi bergejala ringan atau tanpa gejala. Sisanya sebanyak 0,4 persen atau 97.614 orang dalam kondisi serius atau kritis.

Thailand buka pantai Phuket Juli 2021

baca juga: Wagub Sumbar : Sertifikasi Halal Tingkatkan Nilai Jual Produk UMKM

Meski masih pandemi, keputusan Thailand untuk kembali menerima kunjungan wisatawan asing nampaknya sudah bulat, karena tepat 1 Juli 2021 wisatawan internasional sudah boleh mengunjungi Pantai Phuket tanpa harus karantina lebih dahulu.

Syaratnya mereka yang boleh datang, adalah yang sudah disuntik vaksin Covid-19 lengkap. Alias sudah disuntik 2 dosis vaksin lengkap, yang dibuktikan dengan sertifikat vaksin.

baca juga: PNP Bedah Buku \"Perencanaan Perjalanan Wisata\", Panelis: Buku Ini Bermanfaat untuk Industri Pariwisata

Keputusan ini diambil untuk kembali menggerakkan roda ekonomi di sektor pariwisata Phuket, yang mengalami krisis setelah pandemi menghantam selama lebih dari satu tahun.

"Tidak boleh ada karantina akibat pariwisata , dan karantina tidak bisa berjalan bersamaan dengan pariwisata . Dan untuk menghilangkan karantina itu, kami butuh vaksinasi," ujar Ketua Asosiasi Turis Phuket Bhummikiyy Ruktaengam, mengutip Channel News Asia, Sabtu (3/4/2021).

baca juga: Geliatkan Pariwisata di Masa Pandemi, Masata Audiensi Dengan Wako Solok

Resor di pulau sekitar Phuket sangat bergantung pada wisatawan internasional. Seperti misalnya pada 2019 lalu, kunjungan wisatawan asing mendominasi 73 persen dari total 14,55 juta kunjungan

Artinya ketika pemerintah melarang penerbangan komersial internasional pada April 2020 lalu, maka Phuket terpukul keras.

Editor: Eko Fajri