Scooter Fan's Club Padang Gelar Khitanan Massal dan Donor Darah

Pengurus Keluarga Besar SFC Padang foto bersama dengan anak-anak peserta khitanan massal.
Pengurus Keluarga Besar SFC Padang foto bersama dengan anak-anak peserta khitanan massal. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Keluarga Besar Scooter Fan's Club (SFC) Padang menggelar kegiatan sosial berupa khitanan massal gratis dan donor darah uang digelar di SMA Baiturrahmah Padang, Minggu (11/4/2021).

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang dan Rumah Sakit Baiturrahmah, kegiatan sosial dengan tema Vespahala itu juga didukung oleh Apotik Kimia Farma, Padang Eye Center dan Dian Optikal.

baca juga: Tina, Janda Tiga Anak Terharu Dapat Bantuan Becak dari FORM

"Kegiatan sosial ini kami gelar dalam rangka mencari ridho dan pahala dari Allah SWT. Makanya nama kegiatan ini disebut Vespahala, yaitu bersama vespa mencari pahala," kata Ketua SFC Padang Tarmizi Arja di lokasi acara.

Semoga kegiatan sosial ini, kata Tarmizi melanjutkan, dapat menjadi amal ibadah bagi Keluarga Besar SFC Padang, Rumah Sakit Baiturrahmah, PMI Kota Padang dan pihak atau sponsor lainnya yang turut menyukseskan kegiatan sosial ini.

baca juga: Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah, Komunitas Sialang Basi Padang Buka Bersama dengan Anak Yatim

Sementara itu, Ketua Panitia Khitanan Massal dan Dobor Darah Chandra mengatakan, selain untuk mencari ridho dan pahala, kegiatan sosial ini digelar SFC Padang, juga dilatar belakangi oleh dampak pandemi Covid-19.

Pasalnya, dampak pandemi tidak hanya terhadap kesehatan masyarakat, tapi juga membuat kondisi ekonomi menurun, dan kondisi itu paling parah dirasakan oleh masyarakat yang sudah berada di bawah garis kemiskinan, termasuk anak-anak yatim piatu yang tentunya akan kurang terperhatikan akibat pandemi saat ini.

baca juga: Serikat Pekerja Semen Padang Gelar Donor Darah, 170 Kantong Darah Terkumpul

"Makanya, kami dari FSC Padang didujung berbagai pihak menggelar kegiatan khitanan massal ini untuk anak-anak yang berasal dari masyarakat kurang mampu dari a ak-abak yatim piatu yang ada di Padang," katanya.

Untuk jumlah anak-anak yang dilakukan khitanan massal , Chandra menyebut memang tidak banyak, hanya 32 orang anak. Namun begitu, kegiatan khitanan massal gratis ini setidaknya dapat memancing pihak lainnya untuk menggelar kegiatan yang sama.

baca juga: Berapa Sering Seseorang Bisa Melakukan Donor Darah? Ini Penjelasannya

"Semoga kegiatan seperti ini dapat ditindaklanjuti pihak lain, supaya semakin banyak anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga kurang mampu yang dikhitanan massal graris, karena kalau bayar, bisa sampai Rp500 ribu dan jumlah itu besar bagi mereka," ujarnya.

Terkait donor darah , Chandra menambahkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan, karena dampak pandemi juga menyebabkan jumlah pendonor berkurang, sehingga stok darah di PMI Kota Padang juga semakin berkurang.

Pada kegiatan donor darah itu, sebanyak 40 kantong darah berhasil didonorkan ke PMI Padang. Untuk itu, mewakili FSC Padang, Chandra mengucaokan terimakasih kepada masyarakat yang telah mendonirkan darahnya melalui kegiatan sosial ini.

"Mudah-mudahan ini menjadi amal kebaikan buat masyarakat yang telah mendonorkan darahnya pada kegiatan sosial yang kami gelar ini,"

"Semoga, darah yang didonorkan ini juga dapat mengurangi beban PMI dalam memenuhi kebutuhan darah untuk saudara kita yang membutuhkan darah di rumah sakit," pungkasnya.(*)

Editor: Riki