Teruci Chaprendang Sumbar Gandeng Polres Solok Arosuka Bagi-bagi Masker Gratis ke Pengendara

Iptu Safrul Yadi menerima secara simbolis  masker dari kumendan Teruci Chaprendang Sumbar Dedy Satria Asmon
Iptu Safrul Yadi menerima secara simbolis masker dari kumendan Teruci Chaprendang Sumbar Dedy Satria Asmon (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Untuk memutus rantai penulran virus Covid-19 di Sumatera Barat, komunitas Teruci Chaprendang (Terios-Rush Club Indonesia Chapter Regional Rumah Gadang) Sumbar, kembali membagi-bagikan masker gratis.

Bekerjasama dengan Polres Solok Arosuka , pembagian masker grartis sebanyak 500 kotak kepada pengendara itu, digelar di Jalan Raya Arosuka , Kabupaten Solok , tepatnya di depan Mapolres Solok Arosuka , Sabtu, 10 April 2021.

baca juga: PORBBI Sumbar Dukung Upaya Pemerintah Putus Rantai Penularan Covid-19

Kumendan Teruci Chaprendang Sumbar Deddy Satria Asmon mengatakan, ratusan kotak masker yang dibagikan itu berasal dari sumbangan anggota (Premium Member/PM) Teruci Chaprendang Sumbar dan juga dari sponsor PT Djarum.

"Setiap kendaraan yang melintas diperiksa, dan kalau ada yang tidak memaki masker , maka kami dari Teruci Chaprendang Sumbar dan Polres Solok Arosuka langsung memberikan, bahkan memasangkan masker tersebut kepada pengendara yang lewat," kata Deddy.

baca juga: Tengku Zul Dirawat di RS, Begini Kondisinya

Polres Solok Arosuka sengaja digandeng dalam kegiatan ini, lanjut Deddy, karena adanya kesamaan persepsi dan niat antara Teruci Chaprendang Sumbar dengan pihak Polri, khususnya Polres Solok Arosuka dalam hal, memutus rantai penyebaran Covid-19 di Sumbar.

"Bagi-bagi masker gratis ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan secara besar-besaran. Sebelumnya telah dilakukan di Kota Padang," ujar Deddy didampingi anggota Teruci Chaprendang lainnya, Haristoteles, Hendri Aji MST, dan Dessy 'Chienat' Natalia disela-sela kegiatan bag-bagi masker di Arosuka .

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Kegiatan sosial ini digelar, karena Teruci Chaprendang merasa sangat terpanggil untuk ikut berpartisipasi dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, karena selama masa pandemi banyak sekali dampak dan aktifitas masyarakat yang dibatasi, termasuk aktifitas komunitas yang dipimpinnya.

Beberapa kegiatan yang berskala daerah (Sumbar) dan nasional terpaksa ditunda dulu, sampai masa pandemi ini benar-benar aman. "Tahun lalu, Teruci Chaprendang ditunjuk jadi tuan rumah Jambore Nasional Teruci ke XII, yang rencana kegiatannya akan diadakan di berbagai tempat destinasi wisata terbaik Sumatera Barat, namun karena pandemi, terpaksa ditunda dulu," ujar kumendan yang juga hobi sepak bola itu.

baca juga: Payakumbuh Zona Oranye COVID-19, Hamdi Agus Ajak Warga Patuhi Instruksi Pemerintah Soal Salat Ied

Jika iven Jambore Nasional itu jadi diselenggarakan di Sumbar, tentu akan banyak manfaat bagi industri pariwisata Sumbar, karena sekitar 400 mobil jenis Terios dan Rush anggota Teruci seluruh Indonesia akan hadir ke Sumbar. "Iven ini akan dapat meningkatkan kunjungan dan promosi wisata Sumbar, dan juga dapat meningkatkan pendapatan UMKM di Sumbar," bebernya.

Sementara itu, Kapolres Solok Arosuka melalui Kasat Sabhara Iptu Safrul Yadi menyambut baik kegiatan bagi-bagi masker gratis yang dilakukan komunitas Teruci Chaprendang Sumbar. Kegiatan ini katanya, sejalan dengan program kerja Polri untuk ikut memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kami dari Polres Solok Arosuka , mengucapkan terimakasih kepada Komunitas Mobil Teruci Chaprendang, yang telah mempercayai personil Polres Solok untuk mendampingi komunitas Teruci Chaprendang dalam kegiatan sosial, pembagian masker kepada pengguna jalan," kata Iptu Safrul Yadi.

Safrul Yadi juga mengharapkan kepada masyarakat agar saat beraktifitas, selalu gunakan masker demi untuk pencegahan Covid-19. " Masker itu tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga untuk melindungi orang yang berada di sekitar kita," sebut Safrul Yadi didampingi Bripka Riko Saputra, SH. (*)

Editor: Riki