Pargede Rinuak Oleh-oleh Khas Danau Maninjau, Begini Cara Bikinnya

Pargede Rinuak oleh Leni Warga Koto Kaciek, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam Sumatera Barat
Pargede Rinuak oleh Leni Warga Koto Kaciek, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam Sumatera Barat (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

MANINJAU, KLIKPOSITIF - Rinuak adalah ikan endemik Danau Maninjau , banyak olahan yang bisa dijadikan makan dari ikan rinuak diantaranya pargede rinuak.

Pargede rinuak berbentuk bakwan, bedanya berbahan dasar rinuak. Kudapan ini bisa dijumpai pada warung-warung yang berjejer di sekitar pinggiran danau.

baca juga: Menko Kemaritiman Desak Pemprov Sumbar Bulan Ini Mulai Revitalisasi Danau Maninjau

Rinuak kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya kecil. Memang betul ikan rinuak merupakan ikan yang bentuknya kecil-kecil, warnanya agak hitam keputih putihan atau agak pucat, rinuak hampir serupa dengan ikan teri Medan.

Rinuak merupakan ikan khas dari danau Maninjau yang tidak lama bisa bertahan hidup setelah ditangkap oleh jaring nelayan, ikannya akan langsung mati. Itu bedanya dengan ikan lain yang hidup di danau Maninjau.

baca juga: Punya Usaha Makanan Olahan Hingga Obat-obatan? Ini Cara Daftarkan Produk ke Badan POM

Ikan rinuak bisa diolah ke berbagai macam kuliner seperti rinuak goreng atau ada juga yang menyebut perkedel rinuak, palai rinuak atau diolah jadi kerupuk dan masih banyak lagi penganan dari hasil ikan tersebut.

Sebagian kecil masyarakat Salingka Danau Maninjau berprofesi sebagai penangkap rinuak. Hasil tangkapan rinuak merupakan salah satu mata pencarian yang bisa menambah penghasilan keluarga.

baca juga: Balitbang Sumbar Gelar FGD Tentang Mata Pencaharian Alternatif Masyarakat Salingka Danau Maninjau

Saat ikan rinuak itu sulit didapati otomatis harga nya ikut melambung tinggi kadang mencapai Rp100.000 perkilogram. Saat ini rinuak sedang musim dan mudah dipapatkan sehingga l harga normal Rp. 15.000- 20.000 ribu perkilonya.

Cara membuat pargede rinuak

baca juga: Tolak Rencana Pemerintah, Puluhan Petani KJA Danau Maninjau Datangi Kantor Camat Tanjung Raya

Membuat pargede rinuak tidak begitu sulit, Leni (39) warga Koto Kaciek, Kecamatan Tanjung Raya memberitahu cara untuk membuat adonan ini. Leni merinci, untuk membuat I kilogram rinuak, harus disiapkan tepung maizena 2 sendok makan, tepung beras 2 sendok makan, telur 2 butir kocok lepas.

"Kemudian, bawang putih 4 siung di haluskan, bawang merah 7 siung dihaluskan, cabai 5 biji dihaluskan, irisan asam jeruk nipis I buah, daun saledri 2 helai/batang di iris tipis, dan diberi garam secukupnya," bebernya.

Lalu cara memasaknya, setelah rinuak di cuci bersih lalu di tiriskan, kemudian masukkan rinuak kedalam wadah, secara perlahan percikkan irisan jeruk nipis, seterusnya masukkan semua bumbu yang telah di haluskan, seledri, telur serta garam secukupnya. Terakhir aduk secara perlahan sampai bumbu meresap kedalam ikan rinuak tersebut.

"Kemudian panaskan minyak goreng, lalu cetak ikan rinuak pada sendok, lalu goreng pada minyak yang telah dipanaskan, setelah rinuak berwarna kuning, angkat dan tiriskan," tukasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir