Lebih Baik Mana, Makan Daging Atau Sayur Terlebih Dahulu? Ini Kata Pakar

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Makan sayur memang cocok untuk pendamping daging di mana pada umumnya menyehatkan. Sayuran biasanya disajikan sebelum Anda makan daging daging . Namun Anda juga bisa makan sayur usai makan daging karena sama-sama menyehatkan.

Melansir dari Live Strong, makan sayur sebelum makan daging dapat membantu mengurangi asupan energi total Anda selama makan daging . Ini dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan manajemen berat badan yang sehat.

baca juga: Perpanjangan PPKM Harus Dibarengi Penyempurnaan Kebijakan Oleh Pemerintah

Menurut Michelle Cardel, PhD, RDA, makan sayuran sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori Anda selama makan dan sepanjang hari. Makan sayur terlebih dahulu juga dapat membantu meningkatkan konsumsi sayuran sebesar 23 persen.

Sementara makan sayuran usai mengkonsumsi daging kaya protein juga dapat memberikan manfaat untuk manajemen berat badan yang sehat. Protein meningkatkan rasa kenyang dan membantu meningkatkan pengeluaran energi tubuh Anda.

baca juga: Varian Delta Disebut Menular Seperti Cacar Air

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi protein sebelum makan sayur mengurangi asupan makanan secara keseluruhan.

Jika Anda memilih daging tanpa lemak dan salad sayuran yang sehat dan makan dengan porsi yang sama setiap kali makan, tidak masalah apakah Anda memakan sayur atau daging terlebih dahulu.

baca juga: Waspadai Sakit Perut Bagian Kanan, Ini Sejumlah Penyakit yang Mungkin Terjadi

Studi yang diterbitkan pada tahun 2012 di Appetite melaporkan bahwa makan salad sebelum makan tidak secara drastis mempengaruhi asupan energi, dan jumlah salad yang dimakan mungkin lebih penting daripada saat Anda memakannya untuk kontrol kalori yang efektif.

Hal yang perlu Anda pastikan adalah untuk memilih daging tanpa lemak dan sertakan banyak sayuran dalam rencana makan harian Anda. Itu karena serat yang ditemukan dalam salad dan sayuran lain sama pentingnya dengan protein dalam daging Anda.

baca juga: Puan: Tingkatkan Kualitas Layanan dan Fasilitas Kesehatan di Seluruh Indonesia

Editor: Eko Fajri