Ingin Makan Jeruk Sepuasnya? Yuk ke Wisata Petik Jeruk di Batu Palano Agam

Wisata Petik Jeruk di Batu Palano
Wisata Petik Jeruk di Batu Palano (KLIKPOSITIF/Haswandi)

AGAM , KLIKPOSITIF - Bagi yang bosan menikmati liburan di pusat kota, atau ingin menikmati segarnya alam pedesaan, mungkin tempat wisata alam bisa menjadi alternatif tujuan anda.

Salah satu tempat wisata alam yang bisa dituju, adalah Wisata Petik Jeruk yang berada di kaki Gunung Marapi, yang tereletak di Jorong Aceh Baru Nagari Batu Palano Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat.

baca juga: Pemkab Agam Akan Pakai Batik Karya SMKN 1 Ampek Angkek untuk Seragam Dinas

Di tempat ini, pengunjung bisa memetik jeruk langsung di pohonnya. Hanya dengan biaya masuk Rp5 ribu per orang, pengunjung bisa menikmati jeruk sepuasnya dengan gratis.

Namun bagi yang ingin membawa pulang jeruknya, maka jeruknya akan ditimbang dan dikenakan biaya sebesar Rp15 ribu perkilogramnya. Dalam hal ini, pengelola sudah menyediakan gunting dan tas sandang untuk pengunjung.

baca juga: Terus Melandai, Kasus Aktif COVID-19 di Agam Tinggal 2,18 Persen

Pengunjung juga tak perlu khawatir, karena pupuk dan pestisida yang digunakan pada pohon jeruk ini semuanya menggunakan pupuk dan pestisida dari bahan alami, sehingga aman saat dikonsumsi.

Sebelumnya, tempat wisata ini sempat tutup lama karena buah jeruknya habis. Namun beberapa pekan lalu tempat ini kembali dibuka untuk umum, karena buah jeruknya sudah mulai banyak yang matang dan siap untuk dipetik.

baca juga: Polres Bukittinggi Selidiki Penyebab Kebakaran di Pasar Baso Agam

Menurut Pemilik Wisata Petik Jeruk Batu Palano , Yendril, dirinya telah mulai menanam jeruk jenis Siam Madu pada tahun 2015 sebanyak 120 batang, lalu ditambah 250 batang pada tahun 2017. Bibit jeruk itu sendiri didapatkan dari Bangkinang, Riau.

Yendril melanjutkan, pada tahun 2020, pohon jeruk di tempat ini mulai berbuah secara merata dan pada tahun itu juga akhirnya tempat ini dijadikan tempat wisata, dan dibuka untuk umum.

baca juga: 5 Jam Usai Dipadamkan, Api Kembali Menyala di Pasar Baso

Wisata Petik Jeruk ini sendiri mulai dibuka sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

"Silakan datang ke sini, makan jeruk sepuasnya. Jangan lupa, bawa keluarga, saudara dan teman-teman," ujar Yendril.

Editor: Haswandi