Tingkatkan Gairah Pariwisata, Pemko Padang Gelar Pameran dan Kontes Bonsai 2021

Pameran dan Kontes Bonsai di Danau Cimpago, Padang
Pameran dan Kontes Bonsai di Danau Cimpago, Padang (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Bangkitkan gairah pariwisata yang sempat turun akibat pandemi covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Padang menggelar Pameran dan kontes bonsai 2021.

Pameran dan Kontes tersebut digelar

baca juga: Bonsai Kimeng Dipatok Seharga Rp 60 Juta, Ini yang Membuat Harganya Selangit

di Kawasan Danau Cimpago atau dekat Landmark Pantai Puruih dari tanggal 6 hingga 14 November 2021 nanti.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Arfian mengatakan, iven seperti pameran dan kontes bonsai ini merupakan salah satu cara membangkitkan pariwisata Kota Padang.

baca juga:

"Kita mencoba bangkit kembali setelah diterpa pandemi Covid-19, kita kembali dengan menghadirkan orang datang ke Padang yang diharapkan pertumbuhan ekonomi itu terjadi kembali," katanya, Sabtu (6/11/2021).

Ia menegaskan, Pameran dan Kontes Bonsai tersebut dikuti dengan protokol kesehatan yang ketat, agar tidak terjadi penularan Covid-19.

baca juga:

"Meski sekarang kita pada PPKM Level 2 tetapi acara ini dilaksanakan secara protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Alfian menilai Pameran dan Kontes Bonsai tersebut sangat ditunggu oleh masyarakat, khususnya mengingat Bonsai menjadi salah satu tanaman yang unik dan bernilai ekonomi.

baca juga:

"Iven ini beberapa kali digelar Dinas Pariwisata dan sangat ditunggu oleh masyarakat. Ini menjadi daya tarik mereka untuk datang," katanya.

Ketua Pameran dan Kontes Bonsai 2021 Herdianto mengatakan, pada tahun ini peserta yang ikut dalam acara tersebut lebih kurang sebanyak 300 orang pecinta Bonsai yang berasal dari sejumlah wilayah Sumatera Barat.

"Peserta kita dari Padang, Solok, Sawah Lunto, Payakumbuh, Bukittinggi, luar provinsi belum ada, total semua lebih kurang 300 peserta," kata dia.

Herdianto menambahkan, bonsai merupakan peliharaan dan seni tanaman yang bisa memberikan dampak kesehatan dan ekonomi bagi pecintanya.

Menurutnya, memelihara dan merawat Bonsai dapat mengurangi stres dan berdampak kesehatan yang bagus," kata dia.

Selain itu, Bonsai sendiri dari segi ekonomi bisa dihargai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung kebagusan dan sering juara iven.

Editor: Muhammad Haikal